Prakata

Ujian Talenta Masuk IPB (UTM IPB) adalah salah satu cara penerimaan mahasiswa program sarjana IPB yang berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian. Selama mengikuti pendidikan di IPB, mahasiswa yang masuk dari jalur UTM IPB akan mendapat muatan softskill khusus untuk meningkatkan kualitas personalnya dalam hal kepemimpinan dan kewirausahaan serta rasa cinta pertanian.

Ada dua metode seleksi yang digunakan, yaitu melalui ujian tulis yang dilaksanakan oleh IPB atau melalui SBMPTN. Seorang calon mahasiswa harus memilih salah satu dari dua metode seleksi tersebut. Bagi yang tidak mengikuti SBMPTN atau tidak ingin menggunakan nilai (skor) SBMPTN, maka calon mahasiswa tersebut harus mengikuti ujian tulis. Jika ingin menggunakan nilai (skor) SBMPTN yang sudah diikutinya, maka calon mahasiswa tidak perlu mengikuti ujian tulis.

Tujuan :

Penyelenggaraan UTM IPB bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki minat dan talenta yang tinggi dalam kepemimpinan dan kewirausahaan serta pertanian untuk ditempa menjadi sarjana-sarjana yang tangguh dan menjadi calon-calon pemimpin bangsa yang berwawasan pembangunan pertanian yang kuat.

Persyaratan:

Peserta UTM IPB tahun 2018 harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Lulusan SMA/MA/SMK IPA Tahun 2016, 2017, atau 2018
  2. Sehat jasmani dan rohani

Daya Tampung

Daya tampung IPB untuk  jalur masuk UTM dapat dilihat di sini

Materi Ujian

Materi Ujian mengacu kepada materi ujian tulis SBMPTN yang terdiri atas:

1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural

2. Tes Kemampuan  Dasar Sains dan Teknologi ( TKD Saintek) terdiri atas uji Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika

Pendaftaran

Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman http://utm.ipb.ac.id/.

Jadwal pendaftaran : 21 Mei – 4 Juli 2018 pukul 12.00 WIB

Jadwal Ujian Tulis : 14 Juli 2018

Pengumuman Hasil Ujian : 21 Juli 2018