Program Sarjana

Program Sarjana merupakan program pendidikan akademik yang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi warga negara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, dan masalah yang dihadapi masyarakat.

Program Sarjana diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang keahlian tertentu, sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahliannya,
  2. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama,
  3. Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri, berkarya di bidang keahliannya maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat,
  4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni yang merupakan keahliannya.

Berbeda dengan universitas lain, mahasiswa tingkat pertama Program Sarjana diwajibkan mengikuti Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU). Informasi lengkap tentang PPKU IPB dapat dilihat pada http://ppku.ipb.ac.id/.

Informasi terkait jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dapat dilihat pada laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Agenda

  • Pengumuman Kuota Sekolah: 28 Desember 2023
  • Masa Sanggah Kuota Sekolah: 28 Desember 2023 – 17 Januari 2024
  • Registrasi Akun SNPMB Sekolah: 08 Januari – 08 Februari 2024
  • Registrasi Akun SNPMB Siswa: 08 Januari – 15 Februari 2024Agenda
  • Pengisian PDSS : 9 Januari – 9 Februari 2024
  • Pendaftaran SNBP: 14 – 28 Februari 2024
  • Pengumuman SNBP : 26 Maret 2024
  • Registrasi online :  27 – 29 Maret 2024
  • Unduh tagihan UKT : 4 April 2024
  • Periode Pembayaran UKT : 4 – 19 April 2024
  • Awal Perkuliahan : 12 Agustus 2024

*dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu

Dokumen Registrasi Online

Berikut dokumen yang disiapkan calon mahasiswa baru jalur SNBP untuk melakukan registrasi online :

  • Kartu peserta SNBP 2024
  • Rapor semester 1-5 (lengkap dari bagian biodata sampai ttd kepala sekolah)
  • Surat Keterangan Lulus Asli (Jika belum ada maka cantumkan surat keterangan kelas XII)
  • Ijazah Asli (Bagian depan dan belakang jadikan satu file)
  • Akta kelahiran
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pas foto terbaru (latar belakang merah/putih)
  • Formulir Kesediaan Menjadi Calon Mahasiswa Baru IPB University (template terdapat pada laman registrasi)
  • Formulir Pernyataan Kesanggupan Orang Tua/Wali Membayar Biaya Pendidikan (template terdapat pada laman registrasi)
  • Formulir Pernyataan Mengikuti Program Pendidikan di IPB (template terdapat pada laman registrasi)
  • Kartu BPJS, jika sudah memiliki
  • Kartu anggota asuransi kesehatan lain yang masih berlaku, jika ada.
  • Bukti pembayaran tagihan listrik 3 bulan terakhir.
  • Slip penghasilan orang tua (Upload Surat Penghasilan Total/Slip Gaji bagi pekerja di sektor formal atau Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW atau Lurah/Kepala Desa setempat bagi pekerja di sektor informal/tidak bekerja)
  • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bagi pelamar KIP-K

Informasi terkait jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dapat dilihat pada laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Agenda

  • Pembuatan akun SNPMB: 09 Januari – 15 Februari 2024
  • Pendaftaran UTBK-SNBT : 21 Maret – 05 April 2024
  • Pelaksanaan UTBK :
    • Gelombang 1 : 30 April dan 02 – 07 Mei 2024
    • Gelombang 2 : 14 – 20 Mei 2024
  • Pengumuman SNBT : 13 Juni 2024
  • Registrasi online : 14 – 19 Juni 2024
  • Unduh Tagihan UKT : 24 Juni 2024
  • Periode Pembayaran UKT : 24 – 27 Juni 2024

*dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu

Dokumen Registrasi Online

Berikut dokumen yang disiapkan calon mahasiswa baru jalur SNBT untuk melakukan registrasi online :

  • Kartu peserta SNBT 2024
  • Rapor semester 1-5 (lengkap dari bagian biodata sampai ttd kepala sekolah)
  • Surat Keterangan Lulus Asli (Jika belum ada maka cantumkan surat keterangan kelas XII)
  • Ijazah Asli (Bagian depan dan belakang jadikan satu file)
  • Akta kelahiran
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pas foto terbaru (latar belakang merah/putih)
  • Formulir Kesediaan Menjadi Calon Mahasiswa Baru IPB University (template terdapat pada laman registrasi)
  • Formulir Pernyataan Kesanggupan Orang Tua/Wali Membayar Biaya Pendidikan (template terdapat pada laman registrasi)
  • Formulir Pernyataan Mengikuti Program Pendidikan di IPB (template terdapat pada laman registrasi)
  • Kartu BPJS, jika sudah memiliki
  • Kartu anggota asuransi kesehatan lain yang masih berlaku, jika ada.
  • Bukti pembayaran tagihan listrik 3 bulan terakhir.
  • Slip penghasilan orang tua (Upload Surat Penghasilan Total/Slip Gaji bagi pekerja di sektor formal atau Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW atau Lurah/Kepala Desa setempat bagi pekerja di sektor informal/tidak bekerja)
  • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bagi pelamar KIP-K

Latar Belakang

Institut Pertanian Bogor sebagai Perguruan Tinggi dengan moto “Mencari dan Memberi yang Terbaik” senantiasa berupaya melakukan perbaikan kualitas program pendidikannya, mulai dari input, proses hingga kualitas output. Input calon mahasiswa merupakan unsur penting penentu kualitas lulusan. Oleh karenanya IPB senantiasa berupaya mencari calon mahasiswa dengan kualitas terbaik. IPB telah dikenal sebagai perintis beberapa model seleksi masuk Perguruan Tinggi, yang paling penting adalah jalur seleksi calon mahasiswa tanpa test yang seleksinya dilakukan menggunakan nilai raport selama 5 semester pertama.  Jalur seleksi yang saat ini dikenal sebagai SNMPTN ini telah terbukti sukses dalam menyaring calon-calon mahasiswa potensial untuk masuk ke perguruan Tinggi, khususnya ke IPB dan lulusannya memiliki kemampuan akademik yang baik sehingga mampu berkompetisi di pasar kerja atau melanjutkan studi magister hingga doktor.

Kini, di era demokrasi dan desentralisasi, ketika kualitas kepemimpinan di pusat dan daerah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat mendesak, kemampuan akademik lulusan tentu sangat penting, namun belum cukup memadai untuk menghasilkan pimpinan yang mampu mengatasi masalah pembangunan yang semakin kompleks. Untuk itulah pada tahun 2019, IPB mengembangkan salah satu skema seleksi calon mahasiswa baru jalur khusus bagi Ketua OSIS yang memenuhi syarat akademik sebagai mahasiswa IPB. Skema ini adalah salah satu seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA, sekaligus memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektual tinggi, atau intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.  Diharapkan skema ini akan menghasilkan calon-calon pemimpin baik pemimpin nasional, daerah, perusahaan maupun penggerak masyarakat yang memimpin dengan pendekatan scientific, atau menerapkan scientific based leadership.

Kualifikasi Pelamar

  • Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA/MA, yang di perkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua osis
  • Lulusan tahun 2024 ;

Dokumen Persyaratan Pendaftaran

Berikut dokumen yang harus diunggah saat proses pendaftaran :

  1. Pas foto terbaru latar belakan merah/putih
  2. Surat rekomendasi Ketua OSIS dari Kepala Sekolah (template terdapat pada laman pendaftaran)
  3. Surat keputusan Kepala Sekolah tentang pengangkatan sebagai Ketua OSIS
  4. Sertifikat prestasi ekstrakulikuler, maksmimum 3 (jika ada)
  5. Kartu Keluarga (KK)
  6. Slip penghasilan orang tua (Upload Surat Penghasilan Total/Slip Gaji bagi pekerja di sektor formal atau Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW atau Lurah/Kepala Desa setempat bagi pekerja di sektor informal/tidak bekerja)
  7. Bukti pembayaran tagihan listrik 3 bulan terakhir
  8. Komitmen pembayaran biaya pendidikan (template terdapat pada laman pendaftaran)

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran jalur Ketua OSIS : Rp. 200.000,-

Tanggal Penting

  • Pendaftaran : 6 Mei   7 Mei pukul 15.00 WIB – 14 Juni 2024
    – Memilih Jalur Masuk : 6 Mei   7 Mei pukul 15.00 WIB – 14 Juni 2024 pukul 12.00 WIB
    – Pembayaran: 6 Mei   7 Mei pukul 15.00 WIB – 14 Juni 2024 pukul 16.00 WIB
    – Pengisian Biodata: 6 Mei   7 Mei pukul 15.00 WIB14 Juni 2024 pukul 23.59 WIB  20 Juni 2024 pukul 12.00 WIB
  • Pengumuman : 5 Juli  9 Juli 2024
  • Registrasi online : 9 – 12 Juli 2024
  • Unduh Tagihan Biaya Pendidikan : 5 Juli  9 Juli 2024
  • Periode Pembayaran Biaya Pendidikan : 9 – 12 Juli 2024

*dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu

Latar Belakang

  • Keunggulan, kreatifitas dan inovasi seorang siswa SMA/MA dalam mengembangkan pengetahuannya merupakan salah satu instrumen lain untuk meramalkan potensi keberhasilannya di perguruan tinggi.
  • Jalur USMI dan SNMPTN belum ideal untuk menjaring lulusan SMA dengan karakteristik semacam ini.
  • IPB sudah menyelenggarakan jalur ini sejak tahun 1974 dengan nama Jalur Finalis Lomba Karya Ilmiah.  Sejak Tahun 2000, namanya berubah menjadi Jalur Pretasi Internasional dan Nasional (PIN) seperti yang dikenal saat ini.

Tujuan

  • Memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/Sederajat atau SMK berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstra kurikuler untuk menimba ilmu di IPB agar sikap, perilaku, dan pengetahuannya dapat berkembang secara optimal
  • Penyelenggara : IPB

Kualifikasi Pelamar

  • Lulus SMA/MA/SMK pada tahun 2024.
  • Berprestasi (meraih penghargaan/juara) dalam lomba di tingkat internasional dan nasional, antara lain dalam kegiatan : Lomba Karya Ilmiah, Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika, Olahraga, Hafizh, Pramuka, dan Seni.
  • Khusus untuk prestasi terkait dengan Pramuka untuk tahun akademik 2024/2025 baru dibuka untuk daerah Jawa Barat.

Dokumen Persyaratan Pendaftaran

Berikut dokumen yang harus diunggah saat proses pendaftaran :

  1. Pas foto terbaru latar belakan merah/putih
  2. Sertifikat pendukung sesuai dengan jalur PIN yang dipilih
  3. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah sebagai peserta jalur PIN (template terdapat pada laman pendaftaran)
  4. Sertifikat prestasi ekstrakulikuler, maksmimum 3 (jika ada)
  5. Kartu Keluarga (KK)
  6. Slip penghasilan orang tua (Upload Surat Penghasilan Total/Slip Gaji bagi pekerja di sektor formal atau Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW atau Lurah/Kepala Desa setempat bagi pekerja di sektor informal/tidak bekerja)
  7. Bukti pembayaran tagihan listrik 3 bulan terakhir
  8. Komitmen pembayaran biaya pendidikan (template terdapat pada laman pendaftaran)

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran jalur PIN : Rp. 200.000,-

Tanggal Penting

  • Pendaftaran : 1 Mei   8 Mei pukul 18.00 WIB – 14 Juni 2024
    – Memilih Jalur Masuk : 1 Mei   8 Mei pukul 18.00 WIB – 14 Juni 2024 pukul 12.00 WIB
    – Pembayaran: 1 Mei   8 Mei pukul 18.00 WIB – 14 Juni 2024 pukul 16.00 WIB
    – Pengisian Biodata: 1 Mei   8 Mei pukul 18.00 WIB14 Juni 2024 pukul 23.59 WIB   20 Juni 2024 pukul 12.00 WIB
  • Pengumuman : 5 Juli  9 Juli 2024
  • Registrasi online : 9 – 12 Juli 2024
  • Unduh Tagihan Biaya Pendidikan : 5 Juli  9 Juli 2024
  • Periode Pembayaran Biaya Pendidikan : 9 – 12 Juli 2024

Acuan Seleksi: jenis prestasi pada lomba yang diikuti pelamar dan prestasi akademik (rapor) pelamar

*dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu

Beasiswa Utusan Daerah (BUD) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana Terapan IPB yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta yang bila lulus diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerah.

Proses Penerimaan

  1. Informasi dari IPB kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, perusahaan, BUMN, lembaga / yayasan.
  2. Komitmen dan kesediaan membiayai calon mahasiswa BUD oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, perusahaan, BUMN, lembaga / yayasan (calon penyandang dana).
  3. Penjaringan dan seleksi calon mahasiswa BUD oleh penyandang dana.
  4. Pendaftaran BUD secara online oleh penyandang dana ke IPB.
  5. Seleksi akhir dan pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa BUD oleh IPB.
  6. Penyelesaian Naskah Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara IPB dan penyandang dana.
  7. Penyelesaian administrasi keuangan oleh penyandang dana.
  8. Pemanggilan dan registrasi calon mahasiswa BUD IPB.
  9. Perkuliahan mahasiswa dimulai.

Persyaratan Pelamar BUD (Akademik)

  1. Berumur tidak lebih dari 25 tahun
  2. Memiliki nilai rapor SMA/MA/SMK minimal 70,00 selama 5 semester pertama
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Bebas narkoba
  5. Bersedia tinggal di Asrama PPKU IPB pada tahun pertama

Tanggal Penting

  • Pendaftaran : 15 Maret – 9 Juni 2024  16 Juni 2024
  • Pengumuman : 5 Juli  9 Juli 2024
  • Registrasi online : 9 – 12 Juli 2024
  • Periode Pembayaran UKT : 9 – 12 Juli 2024

*Jadwal selanjutnya akan di informasikan kemudian

Komponen Pembiayaan Beasiswa oleh Sponsor

  • Biaya pendaftaran Rp 500.000,-
  • Biaya Pendidikan – (akan diinformasikan kemudian)
  • Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF) : hanya dibayarkan sekali, sebesar (akan diinformasikan kemudian) / orang
  • Biaya Asrama PPKU IPB Rp 1.400.000,- (hanya sekali dibayarkan pada tahun pertama). Pada tahun pertama mahasiswa wajib tinggal di asrama PPKU IPB
  • Biaya Iuran BPJS (bagi yang belum memiliki asuransi kesehatan) Rp 1.320.000,-/tahun
  • Biaya penunjang pendidikan (biaya hidup, biaya asrama, biaya buku dan biaya riset) disesuaikan dengan kemampuan masing-masing mitra untuk diberikan kepada penerima beasiswa

Cara Pendaftaran BUD

Pendaftaran BUD dilakukan secara kelembagaan (bukan perorangan) oleh Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah/Perusahaan/BUMN/Lembaga/Yayasan, dan dilakukan secara online melalui laman bud.admisi.ipb.ac.id.

Proses oleh Mitra

  1. Mitra/calon mitra penyandang dana menerima surat penawaran kerjasama BUD 2024 dari IPB
  2. Mitra/calon mitra penyandang dana mengirimkan surat/mengajukan minat untuk melakukan kerjasama BUD 2024
  3. Mitra/calon mitra penyandang dana menerima akun mitra dan password dari IPB
  4. Mitra/calon mitra penyandang dana melakukan login pada laman pendaftaran BUD di admisi.ipb.ac.id
  5. Mitra mengisi data komitmen beasiswa
  6. Mitra mengunduh form komitmen beasiswa dan menandatangani form tersebut di atas meterai 10.000 serta diberi stempel basah.
  7. Mitra mengunggah form komitmen beasiswa yang sudah ditandatangan dan distempel.
  8. Jika form komitmen telah terverifikasi, mitra dapat melanjutkan proses pengisian data nilai rapor pelamar pada menu Data Siswa Pelamar sesuai dengan form isian yang tersedia.
  9. Mitra menunggu proses verikasi dan input biodata oleh siswa pelamar selesai. Mitra mengedit data nilai rapor siswa jika ada kesalahan entry data. Setelah seluruh data siswa pelamar (nilai rapor, biodata, dan pemilihan program studi) sudah diverifikasi, mitra melakukan approval/penyelesaian data pendaftaran, dan proses pendaftaran selesai.
  10. Seluruh data yang sudah diselesaikan dan disetujui tidak dapat diubah kembali dengan alasan apapun
  11. Mitra mencetak kartu peserta siswa pelamar untuk kemudian diserahkan kepada masing-masing siswa pelamar.
  12. Proses pendaftaran selesai

Proses oleh Siswa

  1. Siswa dapat melakukan login pada bud.admisi.ipb.ac.id menggunakan akun pendaftaran yang diberikan oleh mitra
  2. Setiap siswa yang telah didaftarkan pada Jalur BUD dapat melihat data pendaftarannya
  3. Siswa dapat melihat data nilai rapor yang telah dimasukkan dan melakukan verifikasi nilai. Bila ada ketidakcocokkan data nilai, siswa dapat menyampaikan ke mitra untuk dilakukan perbaikan data nilai
  4. Siswa mengisi pilihan program studi dan biodata
  5. Siswa harus mengunggah pas foto berwarna yang ukuran filenya maksimum 5 MB
  6. Siswa menerima kartu peserta jalur BUD 2024 dari mitra/penyandang dana

Kontak Program BUD

Sekretariat BUD Program Sarjana
Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru (Ribka dan Argo)
Gedung Andi Hakim Nasoetion lantai 1 Kampus IPB Darmaga Bogor, 16680
Telpon   : 0251-8624092, 8622642 ext. 111,
Email     : bud@apps.ipb.ac.id
Whatsapp : 0812-8226-6876

Website : http://bud.ipb.ac.id

Tentang SM-IPB

Mulai tahun 2022 UTMBK berganti nama menjadi Seleksi Mandiri Masuk IPB (SM-IPB).
IPB memiliki beberapa jalur seleksi mandiri, salah satunya adalah Seleksi Masuk IPB (SM-IPB). SM-IPB (UTM-BK) merupakan salah satu penerimaan mahasiswa program sarjana IPB jalur mandiri yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2019. Pada awal dimulainya, seleksi calon mahasiswa jalur SM-IPB (UTM-BK) dilakukan dengan dua pilihan metode seleksi, yaitu seleksi menggunakan ujian tulis berbasis komputer yang dilaksanakan oleh IPB dan menggunakan skor UTBK yang diselenggarakan LTMPT. Seleksi menggunakan skor UTBK LTMPT terpaksa ditiadakan pada tahun 2020 karena adanya pandemi Covid-19 yang pengumuman hasilnya menjelang perkuliahan dimulai dan tidak memungkinkan lagi menggunakan skornya karena waktu yang terbatas. Demikian halnya ujian tulis secara onsite juga tidak dapat dilakukan. Sebagai gantinya pada tahun 2020 SM-IPB (UTM-BK) dilaksanakan secara “online” dari rumah masing-masing. Untuk tahun 2023, SM-IPB kembali akan dilaksanakan menggunakan dua metode seleksi, yaitu “SM-IPB Ujian online” dan ” SM-IPB skor UTBK” SNBT yang diselenggarakan oleh BPPP. Peserta bisa memilih salah satunya apakah menggunakan skor UTBK-SNBT BPPP atau mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer IPB yang dilaksanakan secara “online” dari rumah masing-masing, atau bisa mendaftar keduanya. Jika peserta mendaftar keduanya, maka seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai terbaik yang diperoleh.

Materi SM-IPB Ujian Online

  • Materi yang diujikan untuk SM-IPB program sarjana (S1) yaitu Tes Kemampuan Skolastik yang bersifat Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jumlah soal sebanyak 25 soal. Waktu pengerjaan adalah 60 menit. Sistem penilaian : (1) Untuk soal pilihan ganda: benar 100%, salah -25%, kosong 0%; (2) Untuk soal isian singkat: benar 100%, salah atau kosong 0%.

Perangkat Peserta SM-IPB Ujian Online

Perangkat dan aplikasi yang harus disiapkan oleh peserta SM-IPB  2024

  1. Komputer (PC) atau laptop sebagai perangkat utama, yang terhubung ke internet dengan kualitas koneksi yang stabil.
  2. Menggunakan sistem operasi minimal Windows 10 (64-bit) atau Mac, dan telah terinstall browser Google Chrome atau Firefox.
  3. Handphone yang mampu menangkap gambar (foto) dan video, serta sudah terinstall aplikasi Telegram untuk keperluan komunikasi dan pengawasan saat ujian.
  4. Aplikasi zoom untuk pengawasan (SM Ujian Online)

Kualifikasi Peserta

Kualifikasi Peserta SM IPB Tahun 2024:

  1. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2022, 2023, atau 2024.
  2. Peserta harus sehat jasmani dan rohani.
  3. Peserta yang mengikuti UTBK-SNBT 2024 baik untuk bisa mendaftar SM IPB menggunakan skor UTBK.

Dokumen Persyaratan Pendaftaran

Berikut dokumen yang harus diunggah saat proses pendaftaran :

  1. Pas foto terbaru latar belakan merah/putih
  2. Kartu peserta SNBT-UTBK 2024 (khusus untuk jalur SM-IPB skor UTBK)
  3. Kartu Keluarga (KK)
  4. Slip penghasilan orang tua (Upload Surat Penghasilan Total/Slip Gaji bagi pekerja di sektor formal atau Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW atau Lurah/Kepala Desa setempat bagi pekerja di sektor informal/tidak bekerja)
  5. Bukti pembayaran tagihan listrik 3 bulan terakhir
  6. Komitmen pembayaran biaya pendidikan (template terdapat pada laman pendaftaran)

Biaya Pendaftaran

Biaya Pendaftaran Jalur SM-IPB Skor UTBK : Rp. 300.000,-

Biaya Pendaftaran Jalur SM-IPB Ujian Online : Rp. 500.000,-

Tanggal Penting

SM-IPB Skor UTBK

  • Pendaftaran : 6 Mei 13 Mei – 26 Juni 2024
    • Memilih jalur : 13 Mei – 26 Juni 2024 pukul 14.00 WIB
    • Pembayaran biaya pendaftaran : 13 Mei – 26 Juni 2024 pukul 18.00 WIB
    • Melengkapi biodata : 13 Mei – 26 Juni 2024 pukul 23.59 WIB
  • Pengumuman : 9 Juli  10 Juli 2024
  • Registrasi online : 10 – 13 Juli 2024
  • Periode Pembayaran UKT : 10 – 13 Juli 2024
  • Masa sanggah : 10 – 14 Juli 2024

SM-IPB Ujian Online

  • Pendaftaran : 6 Mei 13 Mei – 19 Juni 2024
    • Memilih jalur : 13 Mei – 19 Juni 2024 pukul 14.00 WIB
    • Pembayaran biaya pendaftaran : 13 Mei – 19 Juni 2024 pukul 18.00 WIB
    • Melengkapi biodata : 13 Mei –  20 Juni 2024 pukul 23.59 WIB
  • Pra Ujian :
    • Pra Ujian 1 : 24 – 29 Juni 2024
    • Pra Ujian 2 : 29 Juni 2024 (13.00 WIB)
  • Ujian : 30 Juni 2024
  • Pengumuman : 9 Juli  10 Juli 2024
  • Registrasi online : 10 – 13 Juli 2024
  • Periode Pembayaran UKT : 10 – 13 Juli 2024
  • Masa sanggah : 10 – 14 Juli 2024

*Jadwal selanjutnya akan di informasikan kemudian

Berikut dokumen yang disiapkan calon mahasiswa baru jalur mandiri (PIN, Ketua OSIS, SM-IPB) untuk melakukan registrasi online :

  • Kartu peserta sesuai dengan jalur yang diikuti
  • Rapor semester 1-5 (lengkap dari bagian biodata sampai ttd kepala sekolah)
  • Surat Keterangan Lulus Asli (Jika belum ada maka cantumkan surat keterangan kelas XII)
  • Ijazah Asli (Bagian depan dan belakang jadikan satu file)
  • Akta kelahiran
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pas foto terbaru (latar belakang merah/putih)
  • Formulir Kesediaan Menjadi Calon Mahasiswa Baru IPB University (template terdapat pada laman registrasi)
  • Formulir Pernyataan Kesanggupan Orang Tua/Wali Membayar Biaya Pendidikan (template terdapat pada laman registrasi) – Jalur SNBP, SNBT, Ketua OSIS, PIN, SM-IPB dan Kelas Internasional.
  • Formulir Pernyataan Mengikuti Program Pendidikan di IPB (template terdapat pada laman registrasi)
  • Kartu BPJS, jika sudah memiliki
  • Kartu anggota asuransi kesehatan lain yang masih berlaku, jika ada.
  • Surat Pernyataan Mahasiswa BUD untuk pemenuhan butir kontrak kerjasama BUD IPB (Khusus Jalur BUD)
  • Formulir Persetujuan Draft Perjanjian Kerjasama (PKS) BUD 2024 (Khusus Jalur BUD)

Berikut adalah tata cara pendaftaran calon mahasiswa baru IPB jalur Ketua OSIS, PIN, SM-IPB dan Kelas Internasional:

  1. Siswa membaca informasi dan persyaratan pendaftaran Jalur Masuk IPB pada strata/jenjang yang dituju
  2. Siswa membuat akun pendaftaran di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id. Jika telah membuat akun pendaftaran pada tahun sebelumnya, silakan gunakan akun sebelumnya atau yang lama.
  3. Siswa mengisi riwayat pendidikan pada tab ‘Riwayat pendidikan’
  4. Siswa memilih jalur masuk yang sesuai dan diminati pada tab ‘Jalur masuk tersedia’ dan mengambil nomor pendaftaran
  5. Siswa membayar biaya pendaftaran. Tata cara pembayaran dapat dilihat pada https://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/
  6. Setelah melakukan pembayaran, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran. Login kembali pada akun pendaftaran pada laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id. Login form pendaftaran melalui tab ‘Jalur masuk diikuti’ klik detail
  7. Apabila seluruh isian form pendaftaran sudah dilengkapi, silakan unduh kartu peserta sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran.
  8. Pendaftaran selesai, seluruh data yang sudah dimasukkan tidak dapat diubah.
  9. Calon mahasiswa baru dianggap resmi sebagai mahasiswa baru jika sudah melakukan registrasi online dan melakukan pembayaran biaya UKT

Mata Pelajaran Pendukung

Berikut daftar mata pelajaran pendukung untuk jalur SNBP, WNI Internasional, BUD, Ketua OSIS dan PIN