Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan merupakan program pendidikan lanjutan dari Program Pendidikan Sarjana Kedokteran Hewan dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) dengan gelar Sarjana Kedokteran Hewan (SKH). Mahasiswa lulusan sarjana Kedokterah Hewan dapat meraih gelar Dokter Hewan (Drh) setelah menyelesaikan pendidikan pada Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan di SKHB IPB dengan menempuh 37 SKS dalam waktu 18 bulan (3 semester). Saat ini Program Studi PPDH IPB telah terakreditasi secara internasional oleh ASIIN.
Kegiatan Program Studi PPDH di SKHB Institut Pertanian Bogor (IPB) secara garis besar terbagi dua, yakni: kegiatan intramural berupa pendidikan dalam kampus dan kegiatan ekstramural yaitu pendidikan luar kampus. Kegiatan intramural dilakukan pada semester 1 dan sebagian semester 2, sedangkan kegiatan ekstramural dilaksanakan pada sebagian semester 2 dan semester 3.
Sebelum memasuki masa pembelajaran disetiap semester akan dilakukan kegiatan Pembinaan softskill, Studium General, dan Pembinaan karakter. Kegiatan intramural didalam kampus yang dilaksanakan pada semester 1 terdiri meliputi: Reseptir dan Aplikasi Obat, Bedah dan Radiologi, Penyakit Dalam dan Patologi Klinik, Reproduksi dan Kebidanan, serta Laboratorium Diagnostik. Kegiatan intramural yang dilaksanakan pada semester 2 adalah Diagnostika Patologi serta Kesmavet dan Epidemiologi. Pada semester 2 juga mulai dilaksakan kegiatan ekstramural (di luar kampus) yaitu Magang Kerumahsakitan, Magang Kedinasan dan RPH, Magang Kesehatan Unggas dan Magang Kesehatan Sapi. Pada semester 3 kegiatan ekstramural keluar kampus yang dilakukan adalah Kesejahteraan Hewan dan Magang Pilihan. Pada kegiatan magang pilihan terdapat beberapa tempat magang seperti a) Industri Produk Biomedis Veteriner, b) Kesehatan Kuda, c) Karantina, d) Magang Kesehatan Satwa liar, e) Magang Kesehatan satwa Aquatik,f) Kesehatan hewan laboratorium dan g) Profesi pilihan sesuai minat mahasiswa diluar yang sudah disediakan . Mahasiswa yang telah melakukan seluruh kegiatan intra dan ekstra mural akan mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Hewan (UKMPPDH) yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. UKMPPDH ini merupakan exit exam. Program PPDH diakhiri dengan penyelesaian mahasiswa dalam melewati Ujian Akhir Studi Dokter Hewan (UASDH).
Persyaratan
- Untuk lulusan program Sarjana Kedokteran Hewan IPB:
- Mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang bagus dibuktikan dengan sertifikat TOEFL skor minimal 450 /IELTS skor minimal 5.0
- Pada tahun akademik Semester Genap 2024/2025 PPDH IPB menerima lulusan dari IPB yang telah lulus program Sarjana Kedokteran Hewan pada tahun 2022,2023,2024 dan sebelum tahun 2022.
- Untuk lulusan program Sarjana Kedokteran Hewan selain IPB:
- Lulusan dari FKH dengan akreditasi A(Unggul).
- Mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang bagus dibuktikan dengan sertifikat TOEFL skor minimal 450 /IELTS skor minimal 5.0
- Lulusan Sarjana Kedokteran Hewan IPB sebelum tahun 2022dan lulusan Sarjana Kedokteran Hewan selain IPB yang telah mendaftar dan memenuhi persyaratan akan mengikuti ujian masuk secara lisan dengan metode Daring.
Tanggal Penting
Penerimaan Periode II Semester Genap T.A. 2024/2025 | ||
Pendaftaran Lulusan IPB | : | 1 November 2024 – 29 Desember 2024 |
Pendaftaran Lulusan Luar IPB | : | 2 Desember – 29 Desember 2024 |
Ujian Tulis dan Lisan (Lulusan IPB > 3 tahun) | : | 30 Desember 2024 |
Ujian Tulis dan Lisan Pendaftar Luar IPB | : | 31 Desember 2024 |
Pengumuman Hasil Seleksi | : | 3 Januari 2025 |
Registrasi online | : | 3 – 8 Januari 2025 |
Pembayaran UKT | : | 3 – 8 Januari 2025 |
Pengisian KRS A | : | 10 Januari – 15 Januari 2025 |
Studium Generale & Pembinaan Kemahasiswaan | : | 13 Januari - 18 Januari 2025 |
Pembelajaran Pelaksanaan Kegiatan PPDH | : | 20 Januari 2025 |
Catatan :
- Untuk persyaratan surat keterangan sehat jasmani dan rohani sebagai syarat untuk pendaftaran di awal sebelum pengumuman diterima. ( Tidak di benarkan konsultasi melalui online, calon dokter hewan wajib konsultasi secara tatap muka dengan dokter)
- Pendaftar PPDH wajib sudah melakukan vaksinasi rabies mandiri atau bersedia melakukan vaksinasi rabies yang dikoordinir oleh program studi.
Sekretariat Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH)
Tata Cara Pendaftaran
- Calon peserta mengakses laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/
- Calon peserta harus memiliki alamat email yang aktif dan dapat digunakan untuk pendaftaran PPDH.
- Calon peserta membuat akun pendaftaran http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/. Silahkan pilih Strata “Program Profesi”. Kemudian pilih jalur masuk sesuai dengan tahun kelulusan (alumni IPB). Untuk yang Non IPB silahkan pilih yang Non IPB
- Sistem akan mengirimkan Auto-Reply Email untuk verifikasi ke alamat email calon peserta.
- Calon peserta membuka email dan melakukan klik pada tautan verifikasi.
- Sistem akan melakukan validasi dan akan menampilkan nomor pendaftaran yang akan digunakan sebagai Nomor Pembayaran (12 karakter angka, contoh : 601919000001).
- Calon peserta melakukan pembayaran ke salah satu bank (BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri) sebesar Rp. 300.000,- untuk lulusan SKHB IPB 3 tahun terakhir atau Rp. 600.000,- untuk selainnya. Tata cara pembayaran bisa dilihat di sini.
- Calon Peserta login untuk melengkapi data pendaftaran pada http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/ . Masukkan nomor pendaftaran pada bagian “Sudah memiliki nomor pendaftaran”.
- Setelah mengisi biodata, calon Peserta mengklik tombol pernyataan bahwa data sudah lengkap dan benar, maka data yang dimasukkan sudah tidak dapat diubah kembali.
- Calon Peserta akan mendapatkan kartu pendaftaran PPDH.
Sekretariat Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH)
Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Gedung Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor | Jl. Agatis, Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Kode Pos 16680 | Email: ppdh.fkh.ipb@gmail.com | website: ppdh.fkh.ipb.ac.id | telp:+62251 8629469, +62251 8629470, faks:+62251 8629459
Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan Program Profesi Insinyur (PPI) melalui dua mode pembelajaran program profesi, yaitu program regular dan program Rekognisi Pembelajaran Lampau.
Program Reguler
PPI IPB reguler terbuka untuk para sarjana teknik atau terapan teknik yang telah memiliki pengalaman praktik keinsinyuran minimal 2 (dua) tahun. Disamping itu program reguler juga terbuka untuk para lulusan sarjana sains dan sarjana pendidikan teknik yang telah disetarakan dengan kualifikasi sarjana teknik (yaitu setara pengalaman praktik lebih dari 3 tahun). Program penyetaraan adalah proses penyandingan dan pengintegrasian capaian pembelajaran yang diperoleh melalui pendidikan, pelatihan kerja, dan pengalaman kerja untuk sarjana pendidikan bidang teknik atau sarjana bidang sains yang diselenggarakan oleh PPI IPB. Pembelajaran pada program reguler dilaksanakan dalam waktu 2 semester. Proses pembelajaran mencakup pertemuan tatap muka, tutorial, FGD, tugas bacaan, role play, pre- dan post-test, pelaksanaan tugas mandiri dan tugas kelompok (misalnya project/problem-based learning, dan collaborative-based learning), keterlibatan dalam pertemuan ilmiah, penulisan proposal dan pelaporan proyek keinsinyuran, dan presentasi oral.
Program Profesi Insinyur IPB menawarkan 7 bidang keinsinyuran, yaitu:
- Pertanian dan Hasil Pertanian
- Perikanan dan Kelautan
- Peternakan
- Kehutanan
- Industri Pertanian
- Sipil dan Lingkungan
- Sains Terapan
Persyaratan
- Sehat jasmani, rohani, bebas narkotika, psikotropika dan zat aditif
- Memiliki kualifikasi akademik:
- sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik; atau
- sarjana pendidikan bidang teknik atau sarjana bidang sains yang disetarakan dengan sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik melalui program penyetaraan.
- Berasal dari perguruan tinggi dan program studi yang terakreditasi minimum B (Baik Sekali) atau akreditas C (Baik) dengan minimum IPK 3.0 atau berasal dari perguruan tinggi luar negeri yang terdaftar dalam Dikti
Calon peserta wajib melengkapi beberapa dokumen sebagai berikut:
- Ijazah Pendidikan S1 dan S2/S3 (jika ada). Ijazah dari perguruan tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemenristekdikti.
- Transkrip pendidikan S1 dan S2/S3 (jika ada).
- Surat kesanggupan membayar biaya pendidikan. Form Kesediaan Menanggung Biaya dapat diunduh di sini.
- Surat ijin pimpinan bila bekerja. Formulir Pernyataan Izin Belajar dapat diunduh di sini.
- Surat rekomendasi. Formulir dapat diunduh di sini.
- Pas foto terbaru latar belakang putih dengan ketentuan pakaian Pria: Jas warna gelap & berdasi; Wanita: jas/blazer warna gelap & jilbab (bagi yang menggunakan) warna terang.
Biaya Pendaftaran/Biaya Program
Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan dan untuk kelancaran penyelenggaraan pendidikan pada mahasiswa Program Pendidikan Profesi Insinyur, berikut disajikan komponen Biaya Pendidikan Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Insinyur sesuai dengan SK Rektor Nomor 10 Tahun 2021:
- Bagi Mahasiswa melalui Program Reguler:
- Biaya Pendaftaran sebesar Rp750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)per mahasiswa;
- Biaya Pendidikan sebesar Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah) per mahasiswa per semester; dan
- Biaya Pengambilan Sumpah sebesar Rp525.000 (lima ratus dua puluh lima ribu rupiah)per mahasiswa;
Tanggal Penting
Tahap Gasal 2024/2025
Periode 1 | |
Pendaftaran | 26 Februari - 30 April 2024 Pukul 14.00 WIB |
Pembayaran biaya pendaftaran | 26 Februari - 30 April 2024 Pukul 18.00 WIB |
Melengkapi dokumen pendaftaran | 26 Februari - 30 April 2024 Pukul 22.00 WIB |
Seleksi Administrasi | 7 - 10 Mei 2024 |
Pengumuman | 20 Mei 2024 |
Registrasi Online | 21 - 31 Mei 2024 |
Periode 2 | |
Pendaftaran | 02 Mei - 16 Juli 2024 Pukul 14.00 WIB |
Pembayaran biaya pendaftaran | 02 Mei - 16 Juli 2024 Pukul 18.00 WIB |
Melengkapi dokumen pendaftaran | 02 Mei - 16 Juli 2024 Pukul 22.00 WIB |
Seleksi Administrasi | 23-25 Juli 2024 |
Pengumuman | 29 Juli 2024 |
Verifikasi dan Kuliah Umum Perdana
No | Tahap Kegiatan | Tanggal |
1 | Registrasi Online pada laman registrasi.admisi.ipb.ac.id | 21 - 31 Mei 2024 |
2 | Kuliah Umum Perdana | - |
3 | Awal Perkuliahan | 12 Agustus 2024 |
Tata Cara Pendaftaran
- Calon peserta mengakses laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/
- Calon peserta harus memiliki alamat email yang aktif dan dapat digunakan untuk pendaftaran PPI.
- Calon peserta membuat akun pendaftaran http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/. Silahkan pilih Strata “Program Profesi” dan Pengampu “Program Profesi Insinyur”. Kemudian pilih jalur masuk.
- Sistem akan mengirimkan Auto-Reply Email untuk verifikasi ke alamat email calon peserta.
- Calon peserta membuka email dan melakukan klik pada tautan verifikasi.
- Sistem akan melakukan validasi dan akan menampilkan nomor pendaftaran yang akan digunakan sebagai Nomor Pembayaran (12 karakter angka, contoh : 601919000001).
- Calon peserta melakukan pembayaran ke salah satu bank (BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri) sebesar Rp. 750.000,-. Tata cara pembayaran bisa dilihat di sini.
- Calon Peserta login untuk melengkapi data pendaftaran pada https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/ . Masukkan nomor pendaftaran pada bagian “Sudah memiliki nomor pendaftaran”.
- Masuk ke sistem pendaftaran PPI di laman https://ppi.admisi.ipb.ac.id menggunakan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.
- Setelah mengisi biodata, calon Peserta mengklik tombol pernyataan bahwa data sudah lengkap dan benar, maka data yang dimasukkan sudah tidak dapat diubah kembali.
- Calon Peserta akan mendapatkan kartu pendaftaran PPI.
Kontak Program Penerimaan Mahasiswa
Program Profesi Insinyur
Sekolah Pascasarjana IPB
Gedung Sekolah Pascasarjana, Lantai 3 Ruang 300, Kampus IPB Darmaga Bogor 16680 – Jawa Barat, Indonesia.
Telpon : 0251-8628448, 8423855 ext. 111
Email : pppi@apps.ipb.ac.id
Website : ppi.ipb.ac.id
Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)
Yang dimaksud dengan RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja di dalam sektor pendidikan maupun sektor lainnya. Program PPI IPB melalui RPL terbuka untuk para lulusan sarjana teknik atau terapan teknik yang memiliki pengalaman praktik keinsinyuran yang memadai. Program Rekognisi Pembelajaran Lampau tidak dapat diikuti oleh sarjana pendidikan bidang teknik atau sarjana bidang sains.
RPL dilakukan melalui penilaian dan pengakuan portofolio peserta terhadap persyaratan satuan kredit semester (SKS) yang telah ditetapkan oleh PPI IPB. Kekurangan kredit selanjutnya dipenuhi melalui pelaksanaan kurikulum PPI IPB. Pembelajaran pada program RPL dilaksanakan dalam waktu 1 semester. Proses pembelajaran, asesmen dan persyaratan kelulusan pada dasarnya sama dengan proses dan persyaratan pada program reguler.
Program Profesi Insinyur IPB menawarkan 7 bidang keinsinyuran, yaitu:
- Pertanian dan Hasil Pertanian
- Perikanan dan Kelautan
- Peternakan
- Kehutanan
- Industri Pertanian
- Sipil dan Lingkungan
- Sains Terapan
Persyaratan
- Sehat jasmani, rohani, bebas narkotika, psikotropika dan zat aditif
- Memiliki kualifikasi akademik:
- sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik; atau
- sarjana pendidikan bidang teknik atau sarjana bidang sains yang disetarakan dengan sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik melalui program penyetaraan.
- Berasal dari perguruan tinggi dan program studi yang terakreditasi minimum B (Baik Sekali) atau akreditas C (Baik) dengan minimum IPK 3.0 atau berasal dari perguruan tinggi luar negeri yang terdaftar dalam Dikti
Calon peserta wajib melengkapi beberapa dokumen sebagai berikut:
- Ijazah Pendidikan S1 dan S2/S3 (jika ada). Ijazah dari perguruan tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemenristekdikti.
- Transkrip pendidikan S1 dan S2/S3 (jika ada).
- Surat kesanggupan membayar biaya pendidikan. Form Kesediaan Menanggung Biaya dapat diunduh di sini.
- Surat ijin pimpinan bila bekerja. Formulir Pernyataan Izin Belajar dapat diunduh di sini.
- Surat rekomendasi. Formulir dapat diunduh di sini.
- Pas foto terbaru latar belakang putih dengan ketentuan pakaian Pria: Jas warna gelap & berdasi; Wanita: jas/blazer warna gelap & jilbab (bagi yang menggunakan) warna terang.
- Peserta Program RPL wajib mengunggah portofolio praktik keinsinyuran sesuai dengan Form Aplikasi Insinyur. Form Aplikasi Insinyur dapat diunduh di sini.
Biaya Pendaftaran/Biaya Program
Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan dan untuk kelancaran penyelenggaraan pendidikan pada mahasiswa Program Pendidikan Profesi Insinyur, berikut disajikan komponen Biaya Pendidikan Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Insinyur sesuai dengan SK Rektor Nomor 10 Tahun 2021:
- Bagi Mahasiswa melalui Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL):
- Biaya Pendaftaran sebesar Rp750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)per mahasiswa;
- Biaya Pendidikan sebesar Rp11.225.000 (sebelas juta dua ratus dua puluh lima ribu rupiah) per mahasiswa per semester; dan
- Biaya Pengambilan Sumpah sebesar Rp525.000 (lima ratus dua puluh lima ribu rupiah)per mahasiswa;
Tanggal Penting
Tahap Gasal 2024/2025
Periode 1 | |
Pendaftaran | 26 Februari - 30 April 2024 Pukul 14.00 WIB |
Pembayaran biaya pendaftaran | 26 Februari - 30 April 2024 Pukul 18.00 WIB |
Melengkapi dokumen pendaftaran | 26 Februari - 30 April 2024 Pukul 22.00 WIB |
Seleksi Administrasi | 7 - 10 Mei 2024 |
Pengumuman | 20 Mei 2024 |
Registrasi Online | 21 - 31 Mei 2024 |
Periode 2 | |
Pendaftaran | 02 Mei - 16 Juli 2024 Pukul 14.00 WIB |
Pembayaran biaya pendaftaran | 02 Mei - 16 Juli 2024 Pukul 18.00 WIB |
Melengkapi dokumen pendaftaran | 02 Mei - 16 Juli 2024 Pukul 22.00 WIB |
Seleksi Administrasi | 23-25 Juli 2024 |
Pengumuman | 29 Juli 2024 |
Verifikasi dan Kuliah Umum Perdana
No | Tahap Kegiatan | Tanggal |
1 | Registrasi Online pada laman registrasi.admisi.ipb.ac.id | 21 - 31 Mei 2024 |
2 | Kuliah Umum Perdana | - |
3 | Awal Perkuliahan | 12 Agustus 2024 |
Tata Cara Pendaftaran
- Calon peserta mengakses laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/
- Calon peserta harus memiliki alamat email yang aktif dan dapat digunakan untuk pendaftaran PPI.
- Calon peserta membuat akun pendaftaran http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/. Silahkan pilih Strata “Program Profesi” dan Pengampu “Program Profesi Insinyur”. Kemudian pilih jalur masuk.
- Sistem akan mengirimkan Auto-Reply Email untuk verifikasi ke alamat email calon peserta.
- Calon peserta membuka email dan melakukan klik pada tautan verifikasi.
- Sistem akan melakukan validasi dan akan menampilkan nomor pendaftaran yang akan digunakan sebagai Nomor Pembayaran (12 karakter angka, contoh : 601919000001).
- Calon peserta melakukan pembayaran ke salah satu bank (BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri) sebesar Rp. 750.000,-. Tata cara pembayaran bisa dilihat di sini.
- Calon Peserta login untuk melengkapi data pendaftaran pada https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/ . Masukkan nomor pendaftaran pada bagian “Sudah memiliki nomor pendaftaran”.
- Masuk ke sistem pendaftaran PPI di laman https://ppi.admisi.ipb.ac.id menggunakan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.
- Setelah mengisi biodata, calon Peserta mengklik tombol pernyataan bahwa data sudah lengkap dan benar, maka data yang dimasukkan sudah tidak dapat diubah kembali.
- Calon Peserta akan mendapatkan kartu pendaftaran PPI.
Penyelenggaraan RPL PS PPI
SOP PPI
SK Rektor Pembentukan PS Program Profesi Insinyur IPB
Kontak Program Penerimaan Mahasiswa
Program Profesi Insinyur
Sekolah Pascasarjana IPB
Gedung Sekolah Pascasarjana, Lantai 3 Ruang 300, Kampus IPB Darmaga Bogor 16680 – Jawa Barat, Indonesia.
Telpon : 0251-8628448, 8423855 ext. 111
Email : pppi@apps.ipb.ac.id
Website : ppi.ipb.ac.id
Departemen Gizi Masyarakat sebagai salah satu departemen di Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB), merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi gizi pionir pendidikan sarjana dan pascasarjana gizi di Indonesia. Persatuan Ahli Gizi (Persagi) secara tertulis mengamanatkan kepada 12 jurusan/departemen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang dianggap mampu menyelenggarakan pendidikan profesi dietisien, termasuk Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB (Nomor 1908/DPP-PERSAGI/SEK/VII/2017 dan nomor 1790/DPP-PERSAGI/SEK/V/2017).
Hasil kajian Kemenkes 2015 menunjukkan bahwa kebutuhan tenaga dietisien dalam 20 tahun mendatang di Indonesia adalah 36.391 dietisien, sementara jumlah yang tersedia saat ini sangat terbatas yaitu 746 dietisien. Selain itu, kehadiran dietisien dari mancanegarapun perlu diantisipasi. Terkait kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), lulusan dietisien dari luar negeri terutama dari Asia dan Australia mudah masuk bekerja di Indonesia sejak tahun 2016. Dietisien Indonesia harus siap berkompetisi baik di negeri sendiri maupun di luar negeri dengan dietisien mancanegara.
Untuk menjawab tantangan tersebut, sejak 26 Juni 2019 Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB secara resmi telah membuka Program Pendidikan Profesi Dietisien sesuai dengan SK Rektor IPB Nomor 147/IT3/PP/2019 dan telah memenuhi standar Akredasi Minimum dari LAM-PTKes dengan Nomor 0004/LAM-PTKes/Akr PSB.PTN-BH/Pro/VII/2019. Hadirnya Program Profesi Dietisien IPB diharapkan mampu untuk mengeluarkan lulusan tenaga profesi yang handal dan berdaya saing.
Visi dan Misi
Visi
Menjadi lembaga pendidikan tinggi berbasis riset yang unggul di tingkat global pada bidang gizi untuk meningkatkan kualitas kehidupan yang sehat, cerdas, produktif dan berkelanjutan pada tahun 2038.
Misi
Misi Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien dirancang untuk mewujudkan Visi Program Studi, serta sudah sesuai dan sejalan dengan misi Departemen Gizi Masyarakat sebagai UPPS. Titik berat misi Program Studi adalah pada kompetensi utamanya di bidang profesi dietisien. Misi PS Pendidikan Profesi Dietisien adalah sebagai berikut :
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi profesi dietisien yang berkualitas
- Mengembangkan ilmu, teknologi dan seni melalui penelitian dietetik terkini
- Menerapkan asuhan gizi terstandar dan mutakhir dalam bidang gizi klinis, gizi masyarakat dan manajemen penyelenggaraan makanan
Program Pendidikan
Program Profesi Dietisien mensyaratkan 38 sks, meliputi orientasi dan praktik kerja profesi (internship) yang dilaksanakan di Rumah Sakit untuk rotasi Gizi Klinik, di Dinas Kesehatan, Puskesmas, Klinik Gizi Atlet, dan Perusahaan Program Welness untuk rotasi Gizi Masyarakat, dan di institusi penyelenggaraan makanan non-komersial (rumah sakit) dan komersial (catering) untuk rotasi Manajemen PenyelenggaraanPenyelenggaraan Makanan (MPM). Studi dijadwalkan selama 2 semester (48 minggu). Jumlah mata kuliah yang diambil adalah sebanyak 15 mata kuliah yang diawali dengan orientasi/pembekalan di awal masa perkuliahan, kemudian dilanjutkan dengan internship di lokasi praktik yang telah ditentukan.
Lama Pendidikan
Gelar, Ujian Kompetensi Dietisien dan Sumpah Profesi Dietisien
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan, maka mahasiswa bidang kesehatan pada akhir masa pendidikan program profesi harus mengikuti Uji Kompetensi secara nasional. Dengan demikian seorang mahasiswa akan dinyatakan lulus apabila dia sudah lulus Ujian kompetensi Nasional dan lulus dari persyaratan kegiatan di pendidikannya. Ujian Kompetensi Nasional Dietisien dilaksanakan oleh perguruan tinggi bersama organisasi profesi (Persagi) dan AIPGI. Selesai pendidikan maka lulusan akan mendapatkan gelar Dietisien dan sekaligus pengambilan Sumpah Profesi. Setelah itu Dietisien mengurus nomor pendaftaran dan setelah mendapatkan nomor pendaftaran, maka akan mendapatkan gelar Registered Dietitian (RD).
Profil Pengajar dan Instruktur Lapangan
Program Studi Dietisien IPB memiliki dosen lulusan perguruan tinggi ternama, baik dari dalam maupun luar negeri dan bergelar RD serta instruktur lapang yang sudah berpengalaman di bidangnya. Baik dosen maupun instruktur lapang telah lulus pelatihan Intensive Training for Instructor (ITFI).
Persyaratan
Persyaratan calon mahasiswa yang dapat mendaftar untuk diseleksi masuk Program Studi Profesi Dietisien ini adalah:
- Pria/Wanita lulusan Program Studi S1 Gizi (S.Gz) dari program studi minimal terakreditasi B di Indonesia atau lulusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (S.P) IPB yang sudah memiliki STR Nutrisionis dan sedang/pernah bekerja di rumah sakit
- Calon mahasiswa dapat berasal dari lulusan SGz yang telah bekerja atau belum bekerja dengan usia maksimal 40 tahun
- Berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat oleh dokter dari rumah sakit pemerintah
- Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan S1 Gizi minimal 3.0
- Test of English as Foreign Language (TOEFL) institusional atau TOEFL Like minimal 450
- IPK S1 sudah tersinkronisasi di neofeeder PDDIKTI
Biaya Pendidikan
Biaya pendaftaran: Rp 1.000.000
Biaya UKT: Rp 13.000.000/semester
Tanggal Penting
No | Tahap Kegiatan | Tanggal |
1 | Webminar PS Dietisien (19.30 WIB) | 26 April 2024 |
Link Zoom: https://ipb.link/webinarpromosi-dietisienipb-2024 | ||
2 | Pendaftaran (pendaftaran.admisi.ipb.ac.id) | 1 April - 5 Juli 2024 |
3 | Pembayaran Biaya Pendaftaran | 1 April - 5 Juli 2024 |
4 | Melengkapi Biodata | 1 April - 5 Juli 2024 |
5 | Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi | 9 Juli 2024 |
6 | Seleksi Tulis (online) | 20 Juli 2024 |
7 | Pengumuman Seleksi Ujian Tulis | 21 Juli 2024 |
8 | Ujian Praktik (GM, GM, MPM) (offline) | 25 - 27 Juli 2024 |
9 | Pengumuman Seleksi Ujian Praktik | 28 Juli 2024 |
10 | Wawancara Psikologi (online) dan Wawancara Prodi (offline) | 29 Juli - 1 Agustus 2024 |
11 | Pengumuman Hasil Seleksi PMB | 5 Agustus 2024 |
12 | Registrasi Ulang Online dan Pembayaran UKT | 5 - 8 Agustus 2024 |
13 | Awal Program | 12 Agustus 2024 |
Info Lebih Lanjut
Informasi lengkap mengenai Program Dietisien dapat dilihat pada http://gizi.fema.ipb.ac.id/pendaftaran-ps-dietisien/ atau dengan menghubungi Larasati Khairunnisa, S.Gz (dietisien@apps.ipb.ac.id atau HP/WA : 087719395232
Persyaratan Pendaftar
Tenaga Kesehatan
- Berlatar belakang pendidikan DIV Gizi/Sarjana Terapan Gizi, Sarjana Gizi (sesuai persyaratan jabatan fungsional Menpan 2021).
- Berlatar belakang Pendidikan S1 Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, atau S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat Peminatan Gizi; baik melalui Pendidikan regular atau melalui alih jenjang dari DIII Gizi dengan kelulusan di bawah tahun 2010; atau
- Berlatar belakang sarjana teknologi pangan melalui alih jenjang dari DIII Gizi dengan kelulusan di bawah tahun 2010;
- Memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun di fasilitas pelayanan kesehatan.
- Memiliki STR aktif Ahli Gizi
- Memiliki Kartu Anggota PERSAGI
- Diprioritaskan bagi yang bekerja di Rumah Sakit Pendidikan minimal kelas B terakreditasi Madya. Bila bekerja di Puskesmas, Puskesmas terakreditasi minimal Madya
- Diprioritaskan untuk clinical instructor/pembimbing lahan institusi mitra Profesi Dietisien, Dept GM, FEMA IPB
Dosen
- Pendidikan minimal S2 dengan latar belakang pendidikan DIII Gizi; atau DIV Gizi/Sarjana Terapan; atau S1 Gizi, S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat Peminatan Gizi, S1 GMSK dengan kelulusan dibawah tahun 2010, atau yang sudah memperoleh dietisien digniti PERSAGI
- Telah bertugas sebagai dosen tetap di Prodi/Jurusan Gizi minimal selama 5 tahun
- Mengajar dalam bidang gizi klinik/gizi masyarakat/penyelenggaraan makanan (melampirkan data dukung yang relevan)
- Mempunyai Kartu Anggota PERSAGI
- Diprioritaskan untuk dosen perguruan tinggi yang akan membuka Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien
Tanggal Pendaftaran dan Seleksi
No | Kegiatan | Tanggal |
1 | Mendaftar ke perguruan tinggi melalui https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id | 4 Maret - 15 Mei 2024 |
2 | Mengisi form evaluasi diri (portofolio) melalui aplikasi https://rpldietisien.id | 4 Maret - 15 Mei 2024 |
3 | Sosialisasi pengisian portofolio RPL (16.00 WIB) | Sosialisasi 1 : 5 Maret 2024 |
Sosialisasi 2 : April 2024 | ||
Sosialisasi 3 : Mei 2024 | ||
4 | Pengumuman kelayakan sebagai Mahasiswa RPL Prodi Dietisien IPB | 5 Agustus 2024 |
5 | Registrasi Online dan Pembayaran UKT | 5 - 8 Agustus 2024 |
6 | KRS Mahasiswa | Agustus 2024 |
7 | Awal Kuliah (Orientasi) | Agustus 2024 |
Biaya Pendaftaran : Rp. 1.000.000,- (Tata cara bayar)
Biaya UKT: Rp 14.500.000
Dokumen Pendukung
- Ijazah Pendidikan Terakhir (wajib disertakan untuk pemohon);
- Transkrip Nilai (dari seluruh jenjang Pendidikan yang pernah dilalui)
- Daftar Riwayat Hidup (wajib disertakan untuk semua pemohon)
- Surat keterangan sehat
- Surat jaminan biaya (form dapat diunduh pada link berikut: https://ipb.link/formsuratjaminanbiaya )
- Tenaga Kesehatan : Sertifikat STR aktif, Kartu anggota PERSAGI
- Dosen : Surat Keterangan dari pimpinan tentang Masa Kerja dan Pengajaran yang pernah dilakukan, dan Kartu anggota PERSAGI
- Melengkapi dokumen pendukung sebagai bukti bahwa pemohon telah memiliki capaian pembelajaran, sebagian atau seluruhnya sesuai dengan kualifikasi
Pedoman Penyelenggaran RPL
Peraturan Akademik yang Memuat Peraturan Akademik Mahasiswa RPL
Surat Keputusan Pemimpin Perguruan Tinggi tentang Pengangkatan Pengelola RPL
Info Lebih Lanjut
Informasi lengkap mengenai Program Dietisien dapat dilihat pada http://gizi.fema.ipb.ac.id/pendaftaran-ps-dietisien/ atau dengan menghubungi Larasati Khairunnisa, S.Gz (dietisien@apps.ipb.ac.id atau HP/WA : 087719395232