Seleksi masuk Sekolah Vokasi melalui 3 jalur : Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI), Ujian Tulis, dan Beasiswa Utusan Daerah.

Persyaratan Umum untuk masuk Sekolah Vokasi:

  1. Calon Mahasiswa baru Sekolah Vokasi Diploma adalah lulusan SMA, SMK, dengan tahun Ijazah yang ditetapkan oleh Pimpinan Institut Pertanian Bogor. Bagi lulusan SMA yang sudah bekerja harus melampirkan surat keterangan izin belajar dari instansi tempat kerja calon mahasiswa, dan penerimaan mahasiswa akan ditetapkan tersendiri oleh IPB.
  2. Penerimaan didasarkan seleksi atas peringkat dan atau nilai yang diperoleh siswa selama memperoleh pendidikan di SMA atau ujian tertulis atau lisan (psikotes).
  3. Berbadan sehat, tidak buta warna, dan bebas narkoba.
  4. Seleksi calon mahasiswa dilaksanakan oleh Sekolah Vokasi.
  5. Pendaftaran calon mahasiswa dilakukan pada waktu yang ditetapkan oleh Sekolah Vokasi IPB. Calon yang dipanggil hanya akan diterima untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Vokasi IPB pada program studi yang disebutkan pada surat panggilan dari Rektor IPB.
  6. Pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan pelamar dalam kaitannya dengan proses pencalonan mengakibatkan batalnya calon untuk diterima di IPB.

Jalur Undangan – USMI (Seleksi melalui nilai rapor tanpa tes tulis)

  • IPB mengundang sekolah setingkat SMA untuk mengirim siswa/siswinya menjadi calon mahasiswa baru Sekolah Vokasi IPB.
  • Seleksi didasarkan pada prestasi akademik calon mahasiswa, tanpa tes tertulis.

Jalur Reguler – Ujian Tulis (Seleksi melalui tes tertulis)

Jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD)

  • IPB mengundang Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia untuk mengirimkan calon mahasiswa sesuai dengan kebutuhan daerah.
  • Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui http://admisi.ipb.ac.id/beasiswa-utusan-daerah/