Latar Belakang

  • Keunggulan, kreatifitas dan inovasi seorang siswa SMA/MA dalam mengembangkan pengetahuannya merupakan salah satu instrumen lain untuk meramalkan potensi keberhasilannya di perguruan tinggi.
  • Jalur USMI dan SNMPTN belum ideal untuk menjaring lulusan SMA dengan karakteristik semacam ini.
  • IPB sudah menyelenggarakan jalur ini sejak tahun 1974 dengan nama Jalur Finalis Lomba Karya Ilmiah.  Sejak Tahun 2000, namanya berubah menjadi Jalur Pretasi Internasional dan Nasional (PIN) seperti yang dikenal saat ini.

Tujuan

  • Memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/Sederajat atau SMK berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstra kurikuler untuk menimba ilmu di IPB agar sikap, perilaku, dan pengetahuannya dapat berkembang secara optimal
  • Penyelenggara : IPB
  • Daya tampung sekitar 8-12 orang

Kualifikasi Pelamar

  • Lulus SMA/Sederajat atau SMK* pada tahun 2022.
  • Berprestasi (meraih penghargaan/juara) dalam lomba di tingkat internasional dan nasional, antara lain dalam kegiatan : Lomba Karya Ilmiah, Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika, Olahraga, Hafizh, Pramuka, dan Seni.
  • Khusus prestasi terkait dengan Pramuka, tahun akademik 2022/2023 baru dibuka untuk daerah Jawa Barat.

*jurusan SMK sesuai dengan persyaratan program studi

Tanggal Penting

  • Pendaftaran : 1 Februari – 31 Maret 2022
  • Pengumuman : 7 April 2022 pukul 15.00 WIB
  • Registrasi online : 8 – 15 April 2022
  • Periode Pembayaran UKT : 9 – 14 Mei 2022

Acuan Seleksi: jenis prestasi pada lomba yang diikuti pelamar dan prestasi akademik (rapor) pelamar

*dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu

Pengumuman Hasil

Pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa jalur PIN akan diumumkan pada 7 April 2022 pada laman registrasi.admisi.ipb.ac.id.

Verifikasi Berkas

Verifikasi berkas akan diumumkan kemudian.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Siswa membaca persyaratan pendaftaran penerimaan Jalur PIN.
  2. Siswa membuat akun di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id, akun siswa dan tagihan biaya pendaftaran akan dikirimkan melalui alamat email siswa.
  3. Siswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,-  (dua ratus ribu rupiah). Bagi siswa penerima KIP/KJP tidak dikenakan biaya pendaftaran.
  4. Siswa membayar biaya pendaftaran pada bank BNI, BSI, BRI, BTN, Mandiri, BJB, BJB Syariah, atau Mega Syariah. Tata cara pembayaran dapat dilihat pada https://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/
  5. Setelah melakukan pembayaran, siswa dapat melanjutkan proses pedaftaran dengan memasukan biodata peserta dan orangtua/wali, informasi sekolah, informasi Prestasi ekstrakurikuler, informasi akademik, pilihan program studi, dan data lainnya di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran yang dimiliki.
  6. Siswa wajib mengunggah Pas foto terbaru berwarna, dan sertifikat pemenang lomba/kejuaraan/Olimpiade nasional/internasional (jumlah sertifikat maksimum 5).
  7. Surat pengantar dari sekolah untuk mendaftar PIN IPB (unduh disini), khusus untuk jalur Pramuka maka surat pengantar dari Kwarda Jawa Barat.
  8. Khusus untuk yang mendaftar jalur Hafiz, lampirkan sertifikatnya.
  9. Pembuatan akun dan pembayaran pendaftaran dilakukan mulai 1 Februari 2022 dan pengisian formulir pendaftaran mulai tanggal 1 Februari 2022
  10. Apabila seluruh pendaftaran sudah lengkap, siswa mendapatkan kartu peserta dan silakan untuk mengunduhnya.
  11. Pendaftaran selesai, seluruh data yang sudah dimasukkan tidak dapat diubah.