Latar Belakang


Institut Pertanian Bogor sebagai Perguruan Tinggi dengan moto “Mencari dan Memberi yang Terbaik” senantiasa berupaya melakukan perbaikan kualitas program pendidikannya, mulai dari input, proses hingga kualitas output. Input calon mahasiswa merupakan unsur penting penentu kualitas lulusan. Oleh karenanya IPB senantiasa berupaya mencari calon mahasiswa dengan kualitas terbaik. IPB telah dikenal sebagai perintis beberapa model seleksi masuk Perguruan Tinggi, yang paling penting adalah jalur seleksi calon mahasiswa tanpa test yang seleksinya dilakukan menggunakan nilai raport selama 5 semester pertama.  Jalur seleksi yang saat ini dikenal sebagai SNMPTN ini telah terbukti sukses dalam menyaring calon-calon mahasiswa potensial untuk masuk ke perguruan Tinggi, khususnya ke IPB dan lulusannya memiliki kemampuan akademik yang baik sehingga mampu berkompetisi di pasar kerja atau melanjutkan studi magister hingga doktor.

Kini, di era demokrasi dan desentralisasi, ketika kualitas kepemimpinan di pusat dan daerah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat mendesak, kemampuan akademik lulusan tentu sangat penting, namun belum cukup memadai untuk menghasilkan pimpinan yang mampu mengatasi masalah pembangunan yang semakin kompleks. Untuk itulah pada tahun 2019 ini IPB mengembangkan salah satu skema seleksi calon mahasiswa baru jalur khusus bagi Ketua OSIS yang memenuhi syarat akademik sebagai mahasiswa IPB. Skema ini adalah salah satu seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA, sekaligus memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektual tinggi, atau intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.  Diharapkan skema ini akan menghasilkan calon-calon pemimpin baik pemimpin nasional, daerah, perusahaan maupun penggerak masyarakat yang memimpin dengan pendekatan scientific, atau menerapkan scientific based leadership.

Kualifikasi Pelamar


  • Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA, yang di perkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua osis
  • Lulusan tahun 2019 jurusan IPA ;
  • Rataan nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80,
  • bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.

Pendaftaran


  • Periode pendaftaran : 12 April – 24 Mei 2019
  • Periode pembayaran : 12 April – 26 Mei 2019
  • Periode pengisian formulir pendaftaran online : 22 April pukul 15.00 – 28 Mei 2019
  • Pendaftaran dilakukan secara online melalui http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id
  • Biaya pendaftaran Rp 200.000,-

Pengumuman Hasil


Pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa Jalur Ketua OSIS akan diumumkan pada 15 Juli 2019 mulai pukul 16:00 WIB melalui website admisi IPB.

Verifikasi Berkas

1-2 Agustus 2019

Proses secara Umum

  1. Siswa membaca persyaratan pendaftaran penerimaan Jalur Ketua OSIS.
  2. Siswa membuat akun di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id, akun siswa dan tagihan biaya pendaftaran akan dikirimkan melalui alamat email siswa.
  3. Siswa membayar biaya pendaftaran pada bank BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, Mandiri, atau Mandiri Syariah dengan tata cara pembayaran yang dapat dilihat di http://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/
  4. Setelah melakukan pembayaran, siswa dapat melanjutkan proses pedaftaran dengan memasukan biodata peserta dan orangtua/wali, informasi sekolah, informasi akademik, pilihan program studi, dan data lainnya di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran yang dimiliki.
  5. Siswa wajib mengunggah Pas foto terbaru berwarna, surat rekomendasi dari Kepala Sekolah (Format diunduh disini) dan Surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua
  6. Apabila seluruh pendaftaran sudah lengkap, siswa mendapatkan kartu peserta dan silakan untuk mengunduhnya
  7. Pendaftaran selesai, seluruh data yang sudah dimasukkan tidak dapat diubah.