Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan merupakan program pendidikan lanjutan dari Program Pendidikan Sarjana Kedokteran Hewan dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) dengan gelar Sarjana Kedokteran Hewan (SKH). Mahasiswa lulusan sarjana Kedokterah Hewan dapat meraih gelar Dokter Hewan (Drh) setelah menyelesaikan pendidikan pada Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan di SKHB IPB dengan menempuh 37 SKS dalam waktu 18 bulan (3 semester).

 

Secara garis besar Program PPDH di SKHB Institut Pertanian Bogor (IPB) terdiri dari dua kegiatan pendidikan, yakni: kegiatan intramural berupa pendidikan dalam kampus dan kegiatan ekstramural yaitu pendidikan luar kampus.  Kegiatan intra mural dilakukan pada semester 1 dan sebagian semester 2, sedangkan kegiatan ekstramural dilaksanakan pada sebagian semester 2 dan semester 3.

 

Sebelum memasuki masa pembelajaran disetiap semester akan dilakukan kegiatan Pembinaan softskill, Studium General, dan Pembinaan karakter.  Kegiatan   intramural didalam kampus yang dilaksanakan pada semester 1 terdiri meliputi: Reseptir dan Aplikasi Obat, Bedah dan Radiologi, Penyakit Dalam dan Patologi Klinik, Reproduksi dan Kebidanan, serta Laboratorium Diagnostik.   Kegiatan intramural yang dilaksanakan pada semester 2 adalah Diagnostika Patologi serta Kesmavet dan Epidemiologi.   Pada semester 2 juga mulai dilaksakan kegiatan ekstramural (di luar kampus) yaitu Magang Kerumahsakitan, Magang Kedinasan dan RPH, Magang Kesehatan Unggas dan Magang Kesehatan Sapi. Pada semester 3 kegiatan ekstramural keluar kampus yang dilakukan adalah Kesejahteraan Hewan dan Magang Pilihan. Pada kegiatan magang pilihan terdapat beberapa tempat magang seperti a) Industri Produk Biomedis Veteriner, b) Kesehatan Kuda, c) Karantina, d) Magang Kesehatan Satwa liar, e) Magang Kesehatan satwa Aquatik,f) Kesehatan hewan laboratorium dan g) Profesi pilihan sesuai minat mahasiswa diluar yang sudah disediakan . Mahasiswa yang telah melakukan seluruh kegiatan intra dan ekstra mural akan mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Hewan (UKMPPDH) yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.  UKMPPDH ini merupakan exit exam.   Program PPDH diakhiri dengan penyelesaian mahasiswa dalam melewati Ujian Akhir Dokter Hewan (UASDH).

 

Informasi lengkap mengenai program PPDH dapat dilihat pada ppdh.skhb.ipb.ac.id

Pendaftaran program PPDH Semester Genap tahun ajaran 2022/2023 dilakukan secara online melalui pendaftaran.admisi.ipb.ac.id

  • Untuk lulusan program Sarjana Kedokteran Hewan IPB:
    • Mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang bagus dibuktikan dengan sertifikat TOEFL/IELTS 450.
    • Pada tahun akademik  Semester Genapl 2021/2022 PPDH IPB  menerima lulusan dari IPB yang telah   lulus program Sarjan Kedokteran Hewan sebelum tahun 2018  dan berasal dari luar IPB dengan melakukan pendaftaran secara online melalui pendaftaran.admisi.ipb.ac.id.
  • Untuk lulusan Sarjana Kedokteran Hewan dari luar IPB :
    • Lulusan dari FKH dengan akreditasi A(Unggul) dan Lulus setelah tahun 2018.
    • Mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang bagus dibuktikan dengan sertifikat TOEFL/IELTS 450.
  • Lulusan Sarjana Kedokteran Hewan IPB sebelum tahun 2018 dan Lulusan Sarjana Kedokteran Hewan dari FKH diluar IPB yang telah mendaftardan memenuhi persyaratan akan mengikuti ujian masuk secara lisan dengan metode Daring.

Sekretariat Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH)

  1. Calon peserta mengakses laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/
  2. Calon peserta harus memiliki alamat email yang aktif dan dapat digunakan untuk pendaftaran PPDH.
  3. Calon peserta membuat akun pendaftaran http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/. Silahkan pilih Strata “Program Profesi”. Kemudian pilih jalur masuk sesuai dengan tahun kelulusan (alumni IPB). Untuk yang Non IPB silahkan pilih yang Non IPB
  4. Sistem akan mengirimkan Auto-Reply Email untuk verifikasi ke alamat email calon peserta.
  5. Calon peserta membuka email dan melakukan klik pada tautan verifikasi.
  6. Sistem akan melakukan validasi dan akan menampilkan nomor pendaftaran yang akan digunakan sebagai Nomor Pembayaran (12 karakter angka, contoh : 601919000001).
  7. Calon peserta melakukan pembayaran ke salah satu bank (BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri) sebesar Rp. 300.000,- untuk lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 atau Rp. 600.000,- untuk selainnya. Tata cara pembayaran bisa dilihat di sini.
  8. Calon Peserta login untuk melengkapi data pendaftaran pada http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/ . Masukkan nomor pendaftaran pada bagian “Sudah memiliki nomor pendaftaran”.
  9. Setelah mengisi biodata, calon Peserta mengklik tombol pernyataan bahwa data sudah lengkap dan benar, maka data yang dimasukkan sudah tidak dapat diubah kembali.
  10. Calon Peserta akan mendapatkan kartu pendaftaran PPDH.

Sekretariat Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH)

Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB)

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Gedung Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor | Jl. Agatis, Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Kode Pos 16680 | Email: ppdh.fkh.ipb@gmail.com | website: ppdh.fkh.ipb.ac.id | telp:+62251 8629469, +62251 8629470, faks:+62251 8629459