Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan Program Profesi Insinyur (PPI) melalui dua mode pembelajaran program profesi, yaitu program regular dan program Rekognisi Pembelajaran Lampau.

Program Reguler

PPI IPB reguler terbuka untuk para sarjana teknik atau terapan teknik yang telah memiliki pengalaman praktik keinsinyuran minimal 2 (dua) tahun. Disamping itu program reguler juga terbuka untuk para lulusan sarjana sains dan sarjana pendidikan teknik yang telah disetarakan dengan kualifikasi sarjana teknik (yaitu setara pengalaman praktik lebih dari 3 tahun).  Program penyetaraan adalah proses penyandingan dan pengintegrasian capaian pembelajaran yang diperoleh melalui pendidikan, pelatihan kerja, dan pengalaman kerja untuk sarjana pendidikan bidang teknik atau sarjana bidang sains yang diselenggarakan oleh PPI IPB. Pembelajaran pada program reguler dilaksanakan dalam waktu 2 semester. Proses pembelajaran mencakup pertemuan tatap muka, tutorial, FGD, tugas bacaan, role play, pre- dan post-test, pelaksanaan tugas mandiri dan tugas kelompok (misalnya project/problem-based learning, dan collaborative-based learning), keterlibatan dalam pertemuan ilmiah, penulisan proposal dan pelaporan proyek keinsinyuran, dan presentasi oral.

Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Yang dimaksud dengan RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja di dalam sektor pendidikan maupun sektor lainnya. Program PPI IPB melalui RPL terbuka untuk para lulusan sarjana teknik atau terapan teknik yang memiliki pengalaman praktik keinsinyuran yang memadai atau untuk para lulusan sarjana sains dan sarjana pendidikan teknik yang telah memenuhi persyaratan penyetaraan dan memiliki pengalaman praktik keinsinyuran yang memadai.

RPL dilakukan melalui penilaian dan pengakuan portofolio peserta terhadap persyaratan satuan kredit semester (SKS) yang telah ditetapkan oleh PPI IPB. Kekurangan kredit selanjutnya dipenuhi melalui pelaksanaan kurikulum PPI IPB. Pembelajaran pada program RPL dilaksanakan dalam waktu 1 semester.  Proses pembelajaran, asesmen dan persyaratan kelulusan pada dasarnya sama dengan proses dan persyaratan pada program reguler.

Program Profesi Insinyur IPB menawarkan 7 bidang keinsinyuran, yaitu:

  1. Pertanian dan Hasil Pertanian
  2. Perikanan dan Kelautan
  3. Peternakan
  4. Kehutanan
  5. Industri Pertanian
  6. Sipil dan Lingkungan
  7. Sains Terapan

PERSYARATAN PENDAFTARAN PPI

  1. Sehat jasmani, rohani, bebas narkotika, psikotropika dan zat adiktif
  2. Telah lulus pendidikan akademik sarjana bidang teknik/sarjana terapan bidang teknik, sarjana sains dan Pendidikan teknik serta memiliki pengalaman kerja praktik keinsinyuran 2 (dua) tahun
  3. Lulusan sarjana sains atau pendidikan teknik telah melakukan program penyetaraan dengan sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik dan berpengalaman kerja di bidang keinsinyuran paling sedikit selama 2 (dua) tahun
  4. Berasal dari perguruan tinggi dan program studi yang terakreditasi minimum B atau yang dinilai setara.

 

Calon peserta wajib melengkapi beberapa dokumen sebagai berikut:

  1. Ijazah Pendidikan S1 dan S2/S3 (jika ada). Ijazah dari perguruan tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemenristekdikti.
  2. Transkrip pendidikan S1 dan S2/S3 (jika ada).
  3. Surat kesanggupan membayar biaya pendidikan. Form Kesediaan Menanggung Biaya dapat diunduh di sini.
  4. Surat ijin pimpinan bila bekerja. Formulir Pernyataan Izin Belajar dapat diunduh di sini.
  5. Surat rekomendasi. Formulir dapat diunduh di sini.
  6. Pas foto terbaru latar belakang putih dengan ketentuan pakaian Pria: Jas warna gelap & berdasi; Wanita: jas/blazer warna gelap & jilbab (bagi yang menggunakan) warna terang.
  7. Peserta Program RPL wajib mengunggah portofolio praktik keinsinyuran sesuai dengan Form Aplikasi Insinyur. Form Aplikasi Insinyur dapat diunduh di sini.

Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan dan untuk kelancaran penyelenggaraan pendidikan pada mahasiswa Program Pendidikan Profesi Insinyur, berikut disajikan komponen Biaya Pendidikan Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Insinyur sesuai dengan SK Rektor Nomor 10 Tahun 2021:

  • Bagi Mahasiswa melalui Program Reguler:
    1. Biaya Pendaftaran sebesar Rp750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)per mahasiswa;
    2. Biaya Pendidikan sebesar Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah) per mahasiswa per semester; dan
    3. Biaya Pengambilan Sumpah sebesar Rp525.000 (lima ratus dua puluh lima ribu rupiah)per mahasiswa;
  • Bagi Mahasiswa melalui Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL):
    1. Biaya Pendaftaran sebesar Rp750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)per mahasiswa;
    2. Biaya Pendidikan sebesar Rp11.225.000 (sebelas juta dua ratus dua puluh lima ribu rupiah) per mahasiswa per semester; dan
    3. Biaya Pengambilan Sumpah sebesar Rp525.000 (lima ratus dua puluh lima ribu rupiah)per mahasiswa;

Tahap I

Tahap II

Verifikasi dan Kuliah Umum Perdana

  1. Calon peserta mengakses laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/
  2. Calon peserta harus memiliki alamat email yang aktif dan dapat digunakan untuk pendaftaran PPI.
  3. Calon peserta membuat akun pendaftaran http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/. Silahkan pilih Strata “Program Profesi” dan Pengampu “Program Profesi Insinyur”. Kemudian pilih jalur masuk.
  4. Sistem akan mengirimkan Auto-Reply Email untuk verifikasi ke alamat email calon peserta.
  5. Calon peserta membuka email dan melakukan klik pada tautan verifikasi.
  6. Sistem akan melakukan validasi dan akan menampilkan nomor pendaftaran yang akan digunakan sebagai Nomor Pembayaran (12 karakter angka, contoh : 601919000001).
  7. Calon peserta melakukan pembayaran ke salah satu bank (BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri) sebesar Rp. 750.000,-. Tata cara pembayaran bisa dilihat di sini.
  8. Calon Peserta login untuk melengkapi data pendaftaran pada https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/ . Masukkan nomor pendaftaran pada bagian “Sudah memiliki nomor pendaftaran”.
  9. Masuk ke sistem pendaftaran PPI di laman https://ppi.admisi.ipb.ac.id menggunakan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.
  10. Setelah mengisi biodata, calon Peserta mengklik tombol pernyataan bahwa data sudah lengkap dan benar, maka data yang dimasukkan sudah tidak dapat diubah kembali.
  11. Calon Peserta akan mendapatkan kartu pendaftaran PPI.

Kontak Program Penerimaan Mahasiswa

Program Profesi Insinyur
Sekolah Pascasarjana IPB

Gedung Sekolah Pascasarjana, Lantai 3 Ruang 300, Kampus IPB Darmaga Bogor 16680 – Jawa Barat, Indonesia.
Telpon   : 0251-8628448, 8423855 ext. 111
Email   : pppi@apps.ipb.ac.id
Website : ppi.ipb.ac.id