Program Studi Magister Manajemen dan Bisnis

Program Studi Magister Manajemen dan Bisnis merupakan Program Magister/Strata 2 (S2) yang ada pada Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB) dengan gelar “MM”. Lulusan Program Studi Magister Manajemen dan Bisnis telah diakui dan diterima baik oleh berbagai instansi dan perusahaan terkemuka di Indonesia, serta mempunyai kesempatan untuk mengikuti Program Pendidikan Doktor (S3). Program Studi Magister dan Bisnis SB-IPB memperoleh akreditasi A dari BAN PT  dengan No 2931/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2016 dan Sejak September 2008 SB-IPB berhasil mendapatkan sertifikasi internasional dalam Manajemen Mutu ISO 9001:2008 yang sekarang menjadi ISO 9001:2015 sebagai wujud komitmen penerapan praktik-praktik terbaik dalam pengelolaan manajemen yang selalu berorientasi pada peningkatan kualitas akademik dan kepuasan pemangku kepentingan (stakeholder). Program S2 SB-IPB juga telah mendapatkan akreditasi internasional ABEST21 (The Alliances on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st Century Organization) sejak tahun 2015. ABEST21 merupakan lembaga akreditasi internasional Sekolah Bisnis yang berpusat di Tokyo, Jepang.

Program Studi Magister Manajemen dan Bisnis menawarkan kelas sebagai berikut:

(Senin – Jumat, 08.00 – 17.10)

  • MM Reguler
  • MM Khusus Pendidikan Tinggi
  • MM Kelas Bogor (Senin – Kamis, 18.30 – 22.00 di Bogor)
  • MM Kelas Jakarta (Kamis-Jumat, 18.30 – 22.00 di Jakarta) (Sabtu, 08.00 – 17.10 di Bogor)
  • MM Khusus Syariah (Kamis-Jumat, 18.30 –  22.00 di Jakarta) (Sabtu, 08.00 – 17.10 di Bogor)

Untuk setiap kelas yang ditawarkan pada Program Studi Magister Manajemen dan Bisnis (MM Reguler, MM Kelas Bogor, dan MM Kelas Jakarta), setiap peserta dapat memilih salah satu dari 8 (delapan) pendalaman minat yaitu Manajemen Finansial, Manajemen Pemasaran, Manajemen Rantai Pasok, Manajemen Sistem Informasi, Manajemen Strategik & Perencanaan Bisnis, Manajemen Sumberdaya Manusia, Kewirausahaan Bio-Bisnis, dan Sustainable Business Development.

Program MM Kekhususan Syariah menawarkan 3 mata kuliah pilihan yaitu : Perbankan dan Keuangan Syariah, Asuransi Syariah, dan Manajemen ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf).

 

Persyaratan

  1. Telah lulus pendidikan akademik sarjana (S1) semua jurusan.
  2. Mendaftar secara online
  3. Mengikuti Tes Penerimaan (Tes Psikologi, Tes Potensi Akademik, dan Tes Bahasa Inggris yang meliputi listening, vocabulary and reading).

Biaya Pendafaran

Program Magister Manajemen (Periode II) : Rp. 1.000.000,-

Tanggal Penting

Program Studi Magister Manajemen dan Bisnis

Tata Cara Pendaftaran

  1. Calon peserta mengakses laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/
  2. Calon peserta harus memiliki alamat email yang aktif dan dapat digunakan untuk pendaftaran PPI.
  3. Calon peserta membuat akun pendaftaran http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/. Silahkan pilih Strata “Program Magiter atau Program Doktor” dan Pengampu “Sekolah Bisnis”. Kemudian pilih jalur masuk.
  4. Jalur masuk untuk program magister silahkan pilih “Kelas Pagi atau Kelas Sore”
  5. Sistem akan mengirimkan Auto-Reply Email untuk verifikasi ke alamat email calon peserta.
  6. Calon peserta membuka email dan melakukan klik pada tautan verifikasi.
  7. Sistem akan melakukan validasi dan akan menampilkan nomor pendaftaran yang akan digunakan sebagai Nomor Pembayaran (12 karakter angka, contoh : 601919000001).
  8. Calon peserta melakukan pembayaran ke salah satu bank (BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri) sebesar Rp. 1.000.000,- (Program Magister Manajemen) dan Rp. 1.500.000,- (Program Doktor Manjemen Bisnis). Tata cara pembayaran bisa dilihat di sini.
  9. Calon Peserta login untuk melengkapi data pendaftaran pada https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/. Masukkan nomor pendaftaran pada bagian “Sudah memiliki nomor pendaftaran”.
  10. Masuk ke sistem pendaftaran Ssekolah Bisnis di laman https://sb.admisi.ipb.ac.id menggunakan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.
  11. Setelah mengisi biodata, calon peserta mengklik tombol pernyataan bahwa data sudah lengkap dan benar, maka data yang dimasukkan sudah tidak dapat diubah kembali.
  12. Calon Peserta akan mendapatkan kartu pendaftaran.