Program Sarjana

Program Sarjana merupakan program pendidikan akademik yang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi warga negara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, dan masalah yang dihadapi masyarakat.

Program Sarjana diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang keahlian tertentu, sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahliannya,
  2. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama,
  3. Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri, berkarya di bidang keahliannya maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat,
  4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni yang merupakan keahliannya.

Berbeda dengan universitas lain, mahasiswa tingkat pertama Program Sarjana diwajibkan mengikuti Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU). Informasi lengkap tentang PPKU IPB dapat dilihat pada http://ppku.ipb.ac.id/.

Informasi terkait jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dapat dilihat pada laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Agenda

  • Pengumuman Kuota Sekolah: 28 Desember 2024
  • Masa Sanggah Kuota Sekolah: 28 Desember 2024 – 17 Januari 2025
  • Registrasi Akun SNPMB Sekolah: 06 – 31 Januari 2025
  • Pengisian PDSS oleh Sekolah : 06 – 31 Januari 2025
  • Registrasi Akun SNPMB Siswa: 13 Januari – 18 Februari 2025
  • Pendaftaran SNBP: 04 – 18 Februari 2025
  • Pengumuman SNBP : 18 Maret 2025
  • Unduh Kartu Peserta SNBP : 04 Februari – 30 April 2025
  • Registrasi online : 19 – 21 Maret 2025
  • Unduh tagihan UKT : 27 Maret 2025
  • Periode Pembayaran UKT : 27 Maret – 16 April 2025
  • Awal Perkuliahan :  Agustus 2025

*dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu

Dokumen Registrasi Online

Berikut dokumen yang disiapkan calon mahasiswa baru jalur SNBP untuk melakukan registrasi online :

  • Kartu peserta SNBP 2025
  • Rapor semester 1-5 (lengkap dari bagian biodata sampai ttd kepala sekolah)
  • Surat Keterangan Lulus Asli (Jika belum ada maka cantumkan surat keterangan kelas XII)
  • Ijazah Asli (Bagian depan dan belakang jadikan satu file)
  • Akta kelahiran
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pas foto terbaru (latar belakang merah/putih)
  • Formulir Kesediaan Menjadi Calon Mahasiswa Baru IPB University (template terdapat pada laman registrasi)
  • Formulir Pernyataan Kesanggupan Orang Tua/Wali Membayar Biaya Pendidikan (template terdapat pada laman registrasi)
  • Formulir Pernyataan Mengikuti Program Pendidikan di IPB (template terdapat pada laman registrasi)
  • Kartu BPJS, jika sudah memiliki
  • Kartu anggota asuransi kesehatan lain yang masih berlaku, jika ada.
  • Bukti pembayaran tagihan listrik 3 bulan terakhir.
  • Slip penghasilan orang tua (Upload Surat Penghasilan Total/Slip Gaji bagi pekerja di sektor formal atau Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW atau Lurah/Kepala Desa setempat bagi pekerja di sektor informal/tidak bekerja)
  • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bagi pelamar KIP-K

Informasi terkait jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dapat dilihat pada laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Agenda

  • Pembuatan Akun SNPMB Siswa : 13 Januari – 27 Maret 2025
  • Pendaftaran UTBK-SNBT : 11 – 27 Maret 2025
  • Pelaksanaan UTBK : 23 April – 03 Mei 2025
  • Pengumuman SNBT : 28 Mei 2025
  • Unduh Sertifikat UTBK : 03 Juni – 31 Juli 2025
  • Registrasi Online : 28 Mei – 03 Juni 2025
  • Unduh Tagihan UKT : 10 Juni 2025
  • Periode Pembayaran UKT : 10 – 13 Juni 2025

*dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu

Dokumen Registrasi Online

Berikut dokumen yang disiapkan calon mahasiswa baru jalur SNBT untuk melakukan registrasi online :

  • Kartu peserta SNBT 2025
  • Rapor semester 1-5 (lengkap dari bagian biodata sampai ttd kepala sekolah)
  • Surat Keterangan Lulus Asli (Jika belum ada maka cantumkan surat keterangan kelas XII)
  • Ijazah Asli (Bagian depan dan belakang jadikan satu file)
  • Akta kelahiran
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pas foto terbaru (latar belakang merah/putih)
  • Formulir Kesediaan Menjadi Calon Mahasiswa Baru IPB University (template terdapat pada laman registrasi)
  • Formulir Pernyataan Kesanggupan Orang Tua/Wali Membayar Biaya Pendidikan (template terdapat pada laman registrasi)
  • Formulir Pernyataan Mengikuti Program Pendidikan di IPB (template terdapat pada laman registrasi)
  • Kartu BPJS, jika sudah memiliki
  • Kartu anggota asuransi kesehatan lain yang masih berlaku, jika ada.
  • Bukti pembayaran tagihan listrik 3 bulan terakhir.
  • Slip penghasilan orang tua (Upload Surat Penghasilan Total/Slip Gaji bagi pekerja di sektor formal atau Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW atau Lurah/Kepala Desa setempat bagi pekerja di sektor informal/tidak bekerja)
  • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bagi pelamar KIP-K
  • Surat keterangan sehat (khusus bagi calon mahasiswa baru yang diterima pada prodi Kedokteran)

Latar Belakang

Institut Pertanian Bogor sebagai Perguruan Tinggi dengan moto “Mencari dan Memberi yang Terbaik” senantiasa berupaya melakukan perbaikan kualitas program pendidikannya, mulai dari input, proses hingga kualitas output. Input calon mahasiswa merupakan unsur penting penentu kualitas lulusan. Oleh karenanya IPB senantiasa berupaya mencari calon mahasiswa dengan kualitas terbaik. IPB telah dikenal sebagai perintis beberapa model seleksi masuk Perguruan Tinggi, yang paling penting adalah jalur seleksi calon mahasiswa tanpa test yang seleksinya dilakukan menggunakan nilai raport selama 5 semester pertama.  Jalur seleksi yang saat ini dikenal sebagai SNMPTN ini telah terbukti sukses dalam menyaring calon-calon mahasiswa potensial untuk masuk ke perguruan Tinggi, khususnya ke IPB dan lulusannya memiliki kemampuan akademik yang baik sehingga mampu berkompetisi di pasar kerja atau melanjutkan studi magister hingga doktor.

Kini, di era demokrasi dan desentralisasi, ketika kualitas kepemimpinan di pusat dan daerah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat mendesak, kemampuan akademik lulusan tentu sangat penting, namun belum cukup memadai untuk menghasilkan pimpinan yang mampu mengatasi masalah pembangunan yang semakin kompleks. Untuk itulah pada tahun 2019, IPB mengembangkan salah satu skema seleksi calon mahasiswa baru jalur khusus bagi Ketua OSIS yang memenuhi syarat akademik sebagai mahasiswa IPB. Skema ini adalah salah satu seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA, sekaligus memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektual tinggi, atau intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.  Diharapkan skema ini akan menghasilkan calon-calon pemimpin baik pemimpin nasional, daerah, perusahaan maupun penggerak masyarakat yang memimpin dengan pendekatan scientific, atau menerapkan scientific based leadership.

Kualifikasi Pelamar

  • Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA/MA/SMK, yang di perkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua osis
  • Lulusan tahun 2025.

Dokumen Persyaratan Pendaftaran

Berikut dokumen yang harus diunggah saat proses pendaftaran :

  1. Pas foto terbaru latar belakan merah/putih
  2. Surat rekomendasi Ketua OSIS dari Kepala Sekolah (template terdapat pada laman pendaftaran)
  3. Surat keputusan Kepala Sekolah tentang pengangkatan sebagai Ketua OSIS
  4. Sertifikat prestasi ekstrakulikuler, maksmimum 3 (jika ada)
  5. Kartu Keluarga (KK)
  6. Slip penghasilan orang tua (Upload Surat Penghasilan Total/Slip Gaji bagi pekerja di sektor formal atau Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW atau Lurah/Kepala Desa setempat bagi pekerja di sektor informal/tidak bekerja)
  7. Bukti pembayaran tagihan listrik 3 bulan terakhir
  8. Komitmen pembayaran biaya pendidikan (template terdapat pada laman pendaftaran)

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran jalur Ketua OSIS : Rp 500.000,-

Tanggal Penting

  • Pendaftaran : 05 Mei  06 Mei – 05 Juni 2025
    – Memilih Jalur Masuk : 05 Mei  06 Mei – 05 Juni 2025 pukul 14.00 WIB
    – Pembayaran Biaya Pendaftaran: 05 Mei  06 Mei – 05 Juni 2025 pukul 18.00 WIB
    – Pengisian Biodata: 05 Mei  06 Mei – 05 Juni 2025 pukul 23.59 WIB
  • Pengumuman : 20 Juni 2025
  • Registrasi Online : 20 – 26 Juni 2025 pukul 23.59 WIB
  • Unduh Tagihan Biaya Pendidikan : 20 Juni 2025
  • Periode Pembayaran Biaya Pendidikan : 20 – 26 Juni 2025 pukul 21.00 WIB

*dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu

Tentang Jalur Talenta IPB

Keunggulan, talenta, kreativitas, dan inovasi seorang siswa SMA/MA/SMK dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya merupakan salah satu instrumen untuk memprediksi potensi keberhasilannya di perguruan tinggi. Salah satunya melalui jalur masuk Talenta IPB. IPB sudah menyelenggarakan jalur masuk prestasi sejak tahun 1974 dengan nama Jalur Finalis Lomba Karya Ilmiah. Pada tahun 2000, namanya berubah menjadi Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), kemudian mulai tahun 2025 jalur PIN berganti nama menjadi jalur Talenta IPB.

Jalur Talenta IPB memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/MA/SMK berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstra kurikuler untuk menimba ilmu di IPB agar sikap, perilaku, dan pengetahuannya dapat berkembang secara optimal.

Jenis Jalur Talenta IPB

  • Juara Olimpiade/Prestasi Akademik
  • Hafizh Quran
  • Pramuka
  • Olahraga
  • Seni
  • Talent Scouting
  • Debat Bahasa

Kualifikasi Pelamar

  • Lulus SMA/MA/SMK pada tahun 2025.
  • Berprestasi (meraih penghargaan/juara) tingkat internasional dan nasional, antara lain dalam bidang akademik  (Lomba Karya Ilmiah, Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika, dll.) bidang olahraga (contoh: kejuaraan PON, O2SN), Hafizh, Pramuka, Seni, Talent Scouting (Khusus bagi penerima Golden Ticket IPB), dan Debat Bahasa (Inggris, Arab, Mandarin, Rusia, Prancis, Spanyol).
  • Khusus untuk prestasi Pramuka hanya dibuka untuk siswa yang berasal dari daerah Jawa Barat dan memiliki rekomendasi dari Kwarda Jawa Barat.
  • Bersedia mengikuti pelatihan dan pengembangan talenta sesuai prestasi yang dimiliki, jika dinyatakan diterima sebagai mahasiswa baru melalui jalur Talenta IPB.

Dokumen Persyaratan Pendaftaran

Berikut dokumen yang harus diunggah saat proses pendaftaran :

  1. Pas foto terbaru latar belakan merah/putih
  2. Sertifikat pendukung sesuai dengan jalur PIN yang dipilih
  3. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah sebagai peserta jalur PIN (template terdapat pada laman pendaftaran)
  4. Sertifikat prestasi ekstrakulikuler, maksmimum 3 (jika ada)
  5. Kartu Keluarga (KK)
  6. Slip penghasilan orang tua (Upload Surat Penghasilan Total/Slip Gaji bagi pekerja di sektor formal atau Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW atau Lurah/Kepala Desa setempat bagi pekerja di sektor informal/tidak bekerja)
  7. Bukti pembayaran tagihan listrik 3 bulan terakhir
  8. Komitmen pembayaran biaya pendidikan (template terdapat pada laman pendaftaran)

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran jalur PIN : Rp 500.000,-

Tanggal Penting

  • Pendaftaran : 05 Mei  06 Mei – 05 Juni 2025
    – Memilih Jalur Masuk : 05 Mei  06 Mei – 05 Juni 2025 pukul 14.00 WIB
    – Pembayaran Biaya Pendaftaran: 05 Mei  06 Mei – 05 Juni 2025 pukul 18.00 WIB
    – Pengisian Biodata: 05 Mei  06 Mei – 05 Juni 2025 pukul 23.59 WIB
  • Pengumuman : 20 Juni 2025
  • Registrasi Online : 20 – 26 Juni 2025 pukul 23.59 WIB
  • Unduh Tagihan Biaya Pendidikan : 20 Juni 2025
  • Periode Pembayaran Biaya Pendidikan : 20 – 26 Juni 2025 pukul 21.00 WIB

 

Acuan Seleksi: jenis prestasi pada lomba yang diikuti pelamar dan prestasi akademik (rapor) pelamar

*dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu

Beasiswa Utusan Daerah (BUD) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana IPB yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta yang bila lulus diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerah.

Proses Penerimaan

  1. Informasi dari IPB kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, perusahaan, BUMN, lembaga / yayasan.
  2. Komitmen dan kesediaan membiayai calon mahasiswa BUD oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, perusahaan, BUMN, lembaga / yayasan (calon penyandang dana).
  3. Penjaringan dan seleksi calon mahasiswa BUD oleh penyandang dana.
  4. Pendaftaran BUD secara online oleh penyandang dana ke IPB.
  5. Seleksi akhir dan pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa BUD oleh IPB.
  6. Penyelesaian Naskah Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara IPB dan penyandang dana.
  7. Penyelesaian administrasi keuangan oleh penyandang dana.
  8. Pemanggilan dan registrasi calon mahasiswa BUD IPB.
  9. Perkuliahan mahasiswa dimulai.

Persyaratan Pelamar BUD (Akademik)

  1. Berumur tidak lebih dari 25 tahun
  2. Memiliki nilai rapor SMA/MA/SMK minimal 70,00 selama 5 semester pertama
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Bebas narkoba
  5. Bersedia tinggal di Asrama PPKU IPB pada tahun pertama

Tanggal Penting

  • Pendaftaran : 05 Maret – 05 Juni 2025
  • Pengumuman : 20 Juni 2025
  • Registrasi Online : 20 – 26 Juni 2025
  • Periode Pembayaran Biaya Pendidikan : 20 – 26 Juni 2025

*Jadwal selanjutnya akan di informasikan kemudian

Komponen Pembiayaan Beasiswa oleh Sponsor

  • Biaya pendaftaran akan diiformasikan kemudian.
  • Biaya Pendidikan – besaran terdapat pada menu Biaya Pendidikan
  • Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF) : hanya dibayarkan sekali, besaran terdapat pada menu Biaya Pendidikan.
  • Biaya Asrama PPKU IPB Rp 1.750.000 – Rp 2.000.000 (hanya sekali dibayarkan pada tahun pertama).
  • Biaya Iuran BPJS (bagi yang belum memiliki asuransi kesehatan) Rp 1.320.000,-/tahun
  • Biaya penunjang pendidikan (biaya hidup, biaya asrama, biaya buku dan biaya riset) disesuaikan dengan kemampuan masing-masing mitra untuk diberikan kepada penerima beasiswa

Cara Pendaftaran BUD

Pendaftaran BUD dilakukan secara kelembagaan (bukan perorangan) oleh Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah/Perusahaan/BUMN/Lembaga/Yayasan, dan dilakukan secara online melalui laman bud.admisi.ipb.ac.id.

Proses oleh Mitra

  1. Mitra/calon mitra penyandang dana menerima surat penawaran kerjasama BUD 2025 dari IPB
  2. Mitra/calon mitra penyandang dana mengirimkan surat/mengajukan minat untuk melakukan kerjasama BUD 2025
  3. Mitra/calon mitra penyandang dana menerima akun mitra dan password dari IPB
  4. Mitra/calon mitra penyandang dana melakukan login pada laman pendaftaran BUD di admisi.ipb.ac.id
  5. Mitra mengisi data komitmen beasiswa
  6. Mitra mengunduh form komitmen beasiswa dan menandatangani form tersebut di atas meterai 10.000 serta diberi stempel basah.
  7. Mitra mengunggah form komitmen beasiswa yang sudah ditandatangan dan distempel.
  8. Jika form komitmen telah terverifikasi, mitra dapat melanjutkan proses pengisian data nilai rapor pelamar pada menu Data Siswa Pelamar sesuai dengan form isian yang tersedia.
  9. Mitra menunggu proses verikasi dan input biodata oleh siswa pelamar selesai. Mitra mengedit data nilai rapor siswa jika ada kesalahan entry data. Setelah seluruh data siswa pelamar (nilai rapor, biodata, dan pemilihan program studi) sudah diverifikasi, mitra melakukan approval/penyelesaian data pendaftaran, dan proses pendaftaran selesai.
  10. Seluruh data yang sudah diselesaikan dan disetujui tidak dapat diubah kembali dengan alasan apapun
  11. Mitra mencetak kartu peserta siswa pelamar untuk kemudian diserahkan kepada masing-masing siswa pelamar.
  12. Proses pendaftaran selesai

Proses oleh Siswa

  1. Siswa dapat melakukan login pada bud.admisi.ipb.ac.id menggunakan akun pendaftaran yang diberikan oleh mitra
  2. Setiap siswa yang telah didaftarkan pada Jalur BUD dapat melihat data pendaftarannya
  3. Siswa dapat melihat data nilai rapor yang telah dimasukkan dan melakukan verifikasi nilai. Bila ada ketidakcocokkan data nilai, siswa dapat menyampaikan ke mitra untuk dilakukan perbaikan data nilai
  4. Siswa mengisi pilihan program studi dan biodata
  5. Siswa harus mengunggah pas foto berwarna yang ukuran filenya maksimum 5 MB
  6. Siswa menerima kartu peserta jalur BUD 2025 dari mitra/penyandang dana

Kontak Program BUD

Sekretariat BUD Program Sarjana
Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru (Ribka dan Argo)
Gedung Andi Hakim Nasoetion lantai 1 Kampus IPB Darmaga Bogor, 16680
Telpon   : 0251-8624092, 8622642 ext. 111,
Email     : bud@apps.ipb.ac.id
Whatsapp : 0812-8226-6876

Website : http://bud.ipb.ac.id

Tentang SM-IPB

IPB memiliki beberapa jalur seleksi mandiri, salah satunya adalah Seleksi Masuk IPB (SM-IPB). SM-IPB merupakan salah satu penerimaan mahasiswa program sarjana IPB jalur mandiri yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2019.

Pada tahun 2025, seleksi mandiri masuk IPB program sarjana menggunakan skema baru yaitu metode ujian online. Peserta yang berhak mengikuti ujian online IPB adalah siswa lulusan tahun 2025 yang mendaftar SNBP dan siswa lulusan tiga tahun terakhir yang mengikuti UTBK-SNBT tahun 2025. Penamaan baru untuk jalur siswa yang mendaftar SNBP 2025 disebut SM-IPB Eligible SNBP 2025 dan jalur masuk bagi siswa yang mengikuti UTBK-SNBT tahun 2025 disebut SM-IPB skor UTBK 2025. Peserta harus memilih salah satu jalur masuk karena pelaksanaan ujian online akan dilaksanakan secara bersamaan.

Kualifikasi Peserta

Kualifikasi Peserta SM-IPB Eligible SNBP 2025:

  1. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK tahun 2025.
  2. Peserta wajib memiliki kartu peserta SNBP 2025
  3. Peserta SNBP 2025 yang tidak diterima sebagai mahasiswa baru di PTN manapun.

Kualifikasi Peserta SM-IPB Skor UTBK 2025:

  1. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2023, 2024, atau 2025.
  2. Peserta memiliki skor UTBK-SNBT 2025.
  3. Peserta tidak melakukan registrasi ulang jika diterima di jalur SNBT 2025.
  4. Program studi yang tersedia untuk dipilih oleh peserta ditentukan berdasarkan skor minimum masing-masing program studi.
  5. Lulusan Paket C tahun 2023, 2024 dan 2025 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2025).

Skor UTBK minimun untuk SM-IPB skor UTBK

Dokumen Persyaratan Pendaftaran SM-IPB 2025

Berikut dokumen yang harus diunggah saat proses pendaftaran :

  1. Pas foto formal terbaru, kualitas gambar tajam dan fokus
  2. Kartu peserta SNBP 2025 (khusus untuk jalur SM-IPB Eligible SNBP)
  3. Kartu peserta SNBT-UTBK 2025 (khusus untuk jalur SM-IPB skor UTBK)
  4. Kartu Keluarga (KK)
  5. Slip penghasilan orang tua (Upload Surat Penghasilan Total/Slip Gaji bagi pekerja di sektor formal atau Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW atau Lurah/Kepala Desa setempat bagi pekerja di sektor informal/tidak bekerja)
  6. Bukti pembayaran tagihan listrik 3 bulan terakhir
  7. Komitmen pembayaran biaya pendidikan (template terdapat pada laman pendaftaran)

Biaya Pendaftaran

Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)

Materi Ujian SM-IPB

Materi yang diujikan untuk SM-IPB yaitu Tes Kemampuan Skolastik yang bersifat Higher Order Thinking Skills (HOTS). Soal bersifat High Order Thinking Skill (HOTS), yaitu soal yang menguji kemampuan berfikir kognitif tingkat tinggi mencakup kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berfikir kreatif, berfikir kritis, dan kemampuan pengambilan keputusan di bidang matematika, fisika, kimia, biologi, dan informatika.
Jumlah soal sebanyak 25 soal. Waktu pengerjaan adalah 60 menit.
Sistem penilaian :
(1) Untuk soal pilihan ganda: benar 100%, salah -25%, kosong 0%;
(2) Untuk jenis soal isian singkat : benar 100%, salah atau kosong 0%.
(3) Untuk jenis soal menjodohkan: benar seluruh penjodohanya 100%, benar 1 penjodohan bernilai 25%, salah atau kosong 0%.

Perangkat Ujian Peserta SM-IPB

Perangkat dan aplikasi yang harus disiapkan oleh peserta SM-IPB  2025:

  1. Komputer (PC) atau laptop yang memiliki kamera sebagai perangkat utama yang menggunakan sistem operasi minimal Windows 10 64-bit atau MacOS dengan versi update terakhir, dan telah terinstall browser Google Chrome atau Firefox.
  2. Koneksi internet dengan kualitas yang stabil untuk pengerjaan dan pengawasan ujian.
  3. Listrik yang stabil untuk menunjang pengerjaan ujian.
  4. Smartphone yang mampu menangkap gambar (foto) dan video, serta sudah terinstall aplikasi Telegram untuk keperluan komunikasi dan pengawasan saat ujian.

Tanggal Penting*

  • Pendaftaran
    • SM-IPB Eligible SNBP : 9 Mei  – 13 Juni 2025
    • SM-IPB Skor UTBK : 3 – 13 Juni 2025
  • Pra Ujian : 16 – 21 Juni 2025
  • Ujian : 22 Juni 2025
  • Pengumuman : 1 Juli 2025
  • Registrasi online : 1 – 5 Juli 2025
  • Periode Pembayaran Biaya pendidikan: 1 – 5 Juli 2025
  • Masa sanggah : 1 – 5 Juli 2025

*dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu

Berikut adalah tata cara pendaftaran calon mahasiswa baru IPB :

  1. Siswa membaca informasi dan persyaratan pendaftaran Jalur Masuk IPB pada strata/jenjang yang dituju
  2. Siswa membuat akun pendaftaran di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id. Jika telah membuat akun pendaftaran pada tahun sebelumnya, silakan gunakan akun sebelumnya atau yang lama.
  3. Siswa mengisi riwayat pendidikan pada tab ‘Riwayat pendidikan’
  4. Siswa memilih jalur masuk yang sesuai dan diminati pada tab ‘Jalur masuk tersedia’ dan mengambil nomor pendaftaran
  5. Siswa membayar biaya pendaftaran. Tata cara pembayaran dapat dilihat pada https://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/
  6. Setelah melakukan pembayaran, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran. Login kembali pada akun pendaftaran pada laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id. Login form pendaftaran melalui tab ‘Jalur masuk diikuti’ klik detail
  7. Apabila seluruh isian form pendaftaran sudah dilengkapi, silakan unduh kartu peserta sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran.
  8. Pendaftaran selesai, seluruh data yang sudah dimasukkan tidak dapat diubah.
  9. Calon mahasiswa baru dianggap resmi sebagai mahasiswa baru jika sudah melakukan registrasi online dan melakukan pembayaran biaya pendidikan

Berikut dokumen yang disiapkan calon mahasiswa baru jalur mandiri (PIN, Ketua OSIS, BUD, SM-IPB) untuk melakukan registrasi online :

  • Kartu peserta sesuai dengan jalur yang diikuti
  • Rapor semester 1-5 (lengkap dari bagian biodata sampai ttd kepala sekolah)
  • Surat Keterangan Lulus Asli (Jika belum ada maka cantumkan surat keterangan kelas XII)
  • Ijazah Asli (Bagian depan dan belakang jadikan satu file)
  • Akta kelahiran
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pas foto terbaru (latar belakang merah/putih)
  • Formulir Kesediaan Menjadi Calon Mahasiswa Baru IPB University (template terdapat pada laman registrasi)
  • Formulir Pernyataan Kesanggupan Orang Tua/Wali Membayar Biaya Pendidikan (template terdapat pada laman registrasi) – Jalur SNBP, SNBT, Ketua OSIS, PIN, SM-IPB dan Kelas Internasional.
  • Formulir Pernyataan Mengikuti Program Pendidikan di IPB (template terdapat pada laman registrasi)
  • Kartu BPJS, jika sudah memiliki
  • Kartu anggota asuransi kesehatan lain yang masih berlaku, jika ada.
  • Surat Pernyataan Mahasiswa BUD untuk pemenuhan butir kontrak kerjasama BUD IPB (Khusus Jalur BUD)
  • Formulir Persetujuan Draft Perjanjian Kerjasama (PKS) BUD 2025 (Khusus Jalur BUD)

Mata Pelajaran Pendukung 2025

Berikut daftar mata pelajaran pendukung untuk jalur SNBP, WNI Internasional, BUD, Ketua OSIS dan Talenta