Sekolah Pascasarjana

Tentang Sekolah Pascasarjana

Pada tahun 1975, berdiri Sekolah Pascasarjana pertama di Indonesia dan Institut Pertanian Bogor merupakan pelopor pendirian Sekolah Pascasarjana. Berdasarkan struktur organisasi, ketika pascasarjana didirikan menawarkan beberapa program studi utama yakni Ekonomi Pertanian, Ilmu Tanah, Agronomi, Ilmu Hewan, Penyuluhan Pembangunan, Sosiologi Pedesaan dan Statistika Terapan. Program-program ini menekankan pelaksanaan program master yang terpusat dan dikelola Sekolah Pascasarjana. Kemudian, pada tahun 1980 Sekolah Pascasarjana IPB secara resmi berubah status menjadi Fakultas

Pascasarjana IPB. Secara bertahap, tahun berikutnya dibentuk departemen baru, khususnya menyesuaikan departemen baru yang diampu fakultas dan merujuk pada program studi program pascasarjana di luar negeri. Pada tahun 1983, jumlah departemen telah mencapai 21 (dua puluh satu), dan departemen ditata kembali ke bidang studi hingga pertengahan 2007. Pada akhir tahun 2007, program ini berubah menjadi mayor. Saat ini Sekolah Pascasarjana IPB membuka 56 program utama untuk program master dan 42 program utama untuk program setingkat doktor. Seiring perkembangan zaman, beberapa kursus dianggap mampu untuk menawarkan program bergelar doktor, sehingga pada tahun 1978 Sekolah Pascasarjana resmi membuka program doktor.

Visi dan Misi

Visi

“Menjadi pendidikan pascasarjana unggul di tingkat global di bidang pertanian, kelautan, biosains tropika yang berkarakter technosocio enterpreneuria

Misi

  • Pendidikan
    Mengkoordinasikan dan menyelenggarakan pendidikan pascasarjana yang adaptif,
    inovatif dan berkelanjutan di tingkat global pada bidang pertanian, kelautan, biosains
    tropika yang berkarakter technosocio enterpreneurial.
  • Penelitian
    Mempelopori penelitian unggul di tingkat global dalam inovasi bidang pertanian,
    kelautan, biosains tropika untuk mendukung kemajuan dan kemandirian bangsa
  • Layanan
    Menyelenggarakan layanan yang adaptif, proaktif dan berkelanjutan dalam rangka
    menjamin mutu pendidikan pascasarjana yang unggul di tingkat global
  • Pengembangan diri
    Mendorong sivitas dan lulusan pascasarjana yang kompeten dalam technosocio
    enterpreneurial yang adaptif dan berkelanjutan.